Sukses

Jaksa Agung: LP Nusakambangan Tak Steril, Ada Gerakan Sawabi

Di pulau sekitar LP Nusakambangan berkembang keyakinan agama garis keras bernama Sawabi yang kerap melakukan pelatihan-pelatihan.

Liputan6.com, Jakarta - Jaksa Agung HM Prasetyo mengakui kawasan Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, tak steril. Sebab, di sebelah Timur pulau tersebut ada pulau yang didiami ratusan penduduk.

"LP Nusakambangan tidak terlalu steril. Di sebelah Nusa Kambangan ada pulau yang dihuni 125 Kelapa Keluarga (KK)," ucap Prasetyo dalam rapat kerja dengan Komisi III di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Selain itu, ia menyebutkan di pulau tersebut berkembang keyakinan agama garis keras bernama Sawabi. Bahkan, menurut informasi yang diperolehnya, penduduk yang menganut keyakinan aliran itu kerap melakukan sejumlah pelatihan.

"Di situ ada keyakinan Islam garis keras namanya Sawabi. Di mana kita dengar mereka lakukan pelatihan-pelatihan yang harus kita waspadai," ucap Prasetyo.

Menganggapi itu, Ketua Komisi III Aziz Syamsuddin mengatakan ketidaksterilan wilayah sekitar LP Nusakambangan akan dibahas dalam raker dengan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Ia mengatakan, seharusnya area LP Nusakambangan bersih dari kegiatan-kegiatan di luar lapas. Seperti pemukiman, tempat usaha, atau lainnya.

"Kami akan raker dengan Menkumham. Harus steril Nusa Kambangan dari penduduk dan usaha," kata politisi partai Golkar itu.

Bahkan, ia menyatakan Komisi III DPR kemungkinan akan berkunjung langsung ke LP Nusakambangan untuk meninjau area tersebut. "Kami mungkin akan tinjau Nusakambangan. Agar tak ada kegiatan lain selain kegiatan lapas. Proses pengawasan akan kita pantau dan akan kita jaga," jelas Aziz. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.