Sukses

Wakil Ketua KPK: Foto Mesra Abraham Samad Rekayasa

KPK telah mengkaji beredarnya foto mesra yang mirip dengan Abraham Samad dan Puteri Indonesia 2014 Elvira Devinamira.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengkaji beredarnya foto mesra yang mirip dengan Abraham Samad dan Puteri Indonesia 2014 Elvira Devinamira. Dan hasilnya, menurut KPK, foto tersebut merupakan hasil rekayasa pihak tak bertanggung jawab.

"KPK sudah mengkaji foto yang sudah beredar dan dipastikan itu adalah hasil editan dan rekayasa," ujar Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto di Jakarta, Rabu (14/1/2015).

Bambang menyatakan pimpinan lembaganya sudah sejak lama menjadi target fitnah yang dilancarkan oleh pihak yang kecewa dengan proses hukum yang ditempuh KPK.

Terlebih, KPK baru saja membuat kejutan dengan menetapkan Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Lemdikpol) Komisaris Jenderal Pol Budi Gunawan sebagai tersangka pada kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji terkait transaksi mencurigakan atau tidak wajar.

"KPK paham dalam situasi seperti ini, KPK dapat dan selalu jadi sasaran fitnah, didelegitimasi dan mencoba dikorbankan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab," terang Bambang.

Meski begitu, imbuh Bambang, lembaga anti-rasuah tersebut tidak akan tinggal diam atas tindakan yang berupaya berpotensi merusak KPK.

"Tentu KPK tidak segan untuk mengambil langkah hukum bila kelak diperlukan," pungkas Bambang Widjojanto.

Sejumlah foto mesra pria yang mirip Ketua KPK Abraham Samad dengan seorang perempuan muda beredar di jagat maya. Foto itu menyebar hanya beberapa jam setelah pengumuman calon Kapolri Pol Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka korupsi.

Dalam pesan singkat ke Liputan6.com, Abaraham Samad mengatakan, "Ini gosip yang sengaja disebarkan untuk menghancurkan diri saya dan mengkriminalisasi saya."

KPK menetapkan calon Kapolri Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan sebagai tersangka atas dugaan kasus transaksi mencurigakan. Budi Gunawan diduga terlibat kasus korupsi saat menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan Karier pada Deputi SDM Polri.

"Komjen BG (Budi Gunawan) sudah menjadi tersangka kasus Tipikor saat menduduki Kepala Biro Pembinaan Karier (Polri)," ujar Samad di kantornya, Jakarta, Selasa 3 Januari 2015.

Samad juga menjelaskan bahwa penyelidikan perkara ini sudah dilakukan lembaganya sejak tahun lalu. "Kami melakukan penyidikan setengah tahun lebih terhadap kasus transaksi mencurigakan," ujar Samad.

Budi Gunawan diajukan Presiden Jokowi sebagai calon tunggal Kapolri ke DPR, menggantikan Jenderal Sutarman yang masa jabatannya habis pada Oktober 2015 mendatang. (Ans/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini