Sukses

Alami Sembelit, Ikan Mas Jalani Operasi

Ia menghabiskan 300 pound sterling atau sekitar Rp 5 juta, untuk operasi kecil hewan air yang mengalami konstipasi atau sembelit.

Liputan6.com, Norfolk - Begitu sayang dengan hewan peliharaannya, pria yang tak disebutkan identitasnya ini rela merogoh kantong cukup dalam untuk mengobati ikan kesayangannya. Ia menghabiskan 300 poundsterling atau sekitar Rp 5 juta, untuk operasi kecil hewan air yang mengalami konstipasi atau sembelit.

Pria itu membawa ikan tersebut ke praktik dokter hewan di North Walsham, Norfolk, setelah melihat hewan kesayangannya kesulitan buang air.

Dia berpikir itu hanyalah prosedur sederhana, tapi ternyata sebaliknya. Staf di Toll Barn Veterinary Centre memberitahunya bahwa operasi untuk menyelamatkan hewan kesayangannya memakan biaya 300 poundsterling.

Seorang bos di sebuah perusahaan itu awalnya menolak pengobatan tersebut. Tapi 10 menit kemudian ia kembali dan berubah pikiran, menyatakan siap dengan segala konsekuensinya.

Vet Faye Bethell kemudian dengan hati-hati melakukan anestesi, sebelum menggunakan instrumen kecil untuk menghilangkan benjolan dekat dengan bagian belakang tempat pembuangan si ikan.

Benjolan kedua dihapus dari sirip yang ada di punggungnya, sebelum ikan itu kembali ke air dan diserahkan kembali kepada pemiliknya.

Bethell mengatakan ikan 3 inci itu pulih setelah operasi 50 menit. Kata dia, pembedahan harus segera dilakukan. Jika tidak, hewan air itu bisa mati akibat tidak bisa pup, buang air besar yang bisa menyebabkan keracunan.

"Saya tidak pernah melakukan prosedur seperti itu pada ikan mas, meskipun saya telah melakukannya sebelumnya pada ikan langka jenis carp," ucap wanita berusia 29 tahun itu.

Berikutnya proses operasi ikan mas >>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses Operasi

Proses Operasi


"Operasi itu sebenarnya cukup mudah, tetapi pemberian anestesinya yang cukup rumit. Tidak ada yang spesial tentang ikan itu. Dia (si pemilik) hanya menyukainya. Orang yang suka hewan peliharaan mereka -- tapi itu adalah jenis ikan mas yang cukup mahal," jelas Bethell.

Awalnya, beber Bethell, dilakukan penempatan dosis anestesi ke dalam air yang ditinggali ikan. Lalu saat mengeluarkannya dari tangki, si ikan ditempatkan pada tirai tahan air.

Kemudian si ikan dimasukkan air anestesi melalui mulut menggunakan selang. Lalu insang bagian atasnya dibuka.

Bethell kemudian menggunakan monitor denyut jantung mini untuk memeriksa bahwa ikan itu benar-benar pingsan, sebelum menggunakan pisau bedah mini untuk menghilangkan benjolan kotoran ikan.

Dia kemudian menjahit masing-masing bekas tempat operasi, dengan 3 jahitan sebelum menggunakan 'lem' khusus dan anti air sebelum mengembalikannya ke habitat.

Ikan mas dapat hidup sampai 10 tahun, dan hewan peliharaan yang sakit ini berusia 2 tahun 10 bulan. Jadi masa hidupnya masih cukup lama.

Ini bukan pertama kalinya ikan mas telah mengalami operasi traumatis untuk menyelamatkan hidupnya. Sebelumnya makhluk air jenis itu juga pernah dioperasi otak.

Praktik dokter hewan Toll Barn Veterinary dibuka setahun yang lalu, mengkhususkan diri pada hewan eksotis selain hewan peliharaan biasa.

"Pada tahun lalu dia telah melakukan serangkaian operasi aneh termasuk penghapusan tumor kulit dari ular Hognose," jelas Bethell.

Selain itu, Bethell juga telah berhasil mengambil sebuah batu dari ureter kelinci. Pekan lalu ia mengebiri sigung. (Tnt/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.