Sukses

Evakuasi AirAsia, Kapal Polisi Air Serempet Kapal Basarnas

Perjalanan tersebut tidak mudah.

Liputan6.com, Pangkalan Bun - Kapal Kepolisian Air, KP Punai berhasil mengevakuasi emergency evacuation slide yang diduga berasal dari pesawat Air Asia QZ8501. Meski demikian perjalanan tersebut tidak mudah.

Dalam prosesnya, saat menepi ke pinggiran pelabuhan Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Kalimantan, Kamis (1/1/2015), KP Punai menyerempet kapal Basarnas KN 101 Purworejo yang tengah bersandar.

Saat dikonfirmasi, Kapten Kapal KP Punai, N Sunarto mengaku merasa kecewa kapalnya menabrak. Menurut dia, hal ini karena pengaruh gelombang. "Angin kencang, gelombang kuat," ujar Sunarto.

Pantauan Liputan6.com, pada pukul 11.15 WIB tempat kapal KN 101 Purworejo bersandar, cuaca sedang cerah-cerahnya dan tak ada satupun angin kencang.

Namun saat KP Punai hendak bersandar, para satuan Polisi Air dibuat sibuk. Mereka terlihat melempar tali untuk menarik KP Punai. Baik menggunakan speedboat maupun tenaga manusia, namun tak berhasil.

Kapal itu malah membentur KN Purworejo yang tengah diam menunggu kehadiran tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sebelum berlayar mencari jejak AirAsia QZ8501. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini