Sukses

Pemprov Banten Siap Layani Pemudik Natal dan Tahun Baru

Bandara Soekarno-Hatta diprediksi mengalami lonjakan penumpang pada saat Natal. Pun demikian Pelabuhan Merak.

Liputan6.com, Serang - Demi kelancaran melayani pemudik yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru di kampung halaman, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten siap menjamu para pemudik. Terutama, mereka yang akan menggunakan transportasi darat, udara, dan lautan.

"(Pihak) Bandara dari hasil rapat koordinasi, mereka sudah siap. Kereta api mereka sudah siap dan relatif aman. Untuk penyeberangan secara umum sudah siap," kata Cepi Salam, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi (Dishubkominfo) Provinsi Banten (22/12/2014).

Bandara Internasional Soekarno-Hatta diprediksi akan mengalami lonjakan penumpang pada saat Natal. Sedangkan Pelabuhan Merak akan mengoperasikan enam dermaga guna mengantisipasi penumpukan penumpang.

Tak hanya enam dermaga yang disiagakan, pihak Pelabuhan Merak pun akan mengoperasikan 41 kapal. Pengelola Pelabuhan Merak pun akan memanjakan penumpang dengan menyiagakan bus gratis yang siap mengantarkan penumpang dari Terminal Terpadu Merak (TTM) ke pelabuhan.

"Mereka juga akan menyiapkan pemandu dan pendamping, ASDP akan mengerahkan tenaga pramuka," terang Cepi.

Tetapi Cepi mengkhawatirkan arus lalu lintas di daerah wisata yang diprediksi akan mengalami kemacetan panjang, terlebih di wilayah pantai.

"Saya menyarankan agar tak hanya mengunjungi pantai, tapi beralih ke gunung. Keindahannya nggak kalah kok sama pantai," tegas dia.

Polda Banten Siapkan Ribuan Pasukan

Kesiapan serupa dilakukan Kepolisian Daerah (Polda) Banten. Bersama TNI, Polda Banten akan mengerahkan ribuan personel demi mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Kami siapkan sebanyak 1.250 personel gabungan yang akan ditempatkan di titik keramaian, seperti di gereja dan objek wisata yang berada di wilayah kami," kata Kapolda Banten Brigjen Pol M Zulkarnaen seusai melakukan apel gelar pasukan Operasi Lilin 2014 di Mapolda Banten, Selasa 23 Desember 2014.

Kapolda Banten pun akan melakukan sterilisasi di sejumlah gereja demi kenyamanan umat kristiani yang akan melakukan peribadatannya.

Pihak Pemprov Banten pun akan berupaya menekan angka kecelakaan lalu lintas di Tanah Jawara selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Tekad kita semua menurunkan tingkat kecelakaan lalu lintas, terutama di area objek wisata yang biasa dipadati wisatawan saat malam Tahun Baru, tingkat pencurian juga, itu semua kita usahakan menurun," kata Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Banten Rano Karno usai apel Operasi Lilin di Mapolda Banten.

Guna mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru, Pemprov Banten juga akan mengerahkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk membantu kepolisian dan TNI menjaga keamanan di Provinsi Banten.

"Masyarakat berperan aktif membantu keamanan lingkungannya. Kami juga akan menempatkan personel Satpol PP di simpul-simpul kemacetan seperti pasar tumpah yang berada di jalan menuju objek wisata," tegas Rano Karno. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini