Sukses

Kisah Ibu Tangguh Pembuat Genteng di Jombang

Seorang ibu di Jombang, Jawa Timur telah membuat genteng selama 20 tahun demi menghidupi keluarga dan biaya sekolah sang anak.

Liputan6.com, Jombang - Gubuk sederhana di belakang rumah di Desa Gedangan, Kecamatan, Mojowarno, Jombang, Jawa Timur menjadi saksi bagi Mardiah bersama kerabatanya membuat Genteng. Ibu tangguh ini tak kenal lelah mencangkul tanah liat untuk dijadikan sebagai bahan baku genteng sebelum dicetak.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (22/12/2014), dengan sekuat tenaga adonan tanah liat tersebut dicetak dengan alat hingga menjadi genteng. Genteng-genteng kemudian dipindahkan untuk dijemur di bawah terik matahari.

Bagi Mardiah, membuat genteng sudah menjadi hal yang biasa. Bahkan pekerjaan yang tidak ringan ini sudah digelutinya sejak 20 tahun terakhir. Keahliannya membuat genteng diperoleh dari orangtuanya.

Hasil jerih payah Mardiah memproduksi genteng ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari serta biaya sekolah sang anak. Setidaknya kerja keras Mardiah mampu mengangkat derajat keluarganya untuk tetap mandiri.

Sementara anak Mardiah tak tinggal diam. Ia turut membantu sang ibu menata genteng yang sudah kering. Kegiatan itu biasa dilakukannya sebelum berangkat dan sepulang sekolah.

Kisah perjuangan Mardiah untuk menghidupi keluarganya ini diharapkan menjadi inspirasi bagi para ibu di Indonesia. Selamat Hari Ibu, 22 Desember. (Nfs/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Hari Ibu Nasional ditetapkan untuk menghargai kedudukan dan peran seorang ibu dalam keluarga, dan dalam upaya menciptakan generasi penerus.
    Hari Ibu Nasional ditetapkan untuk menghargai kedudukan dan peran seorang ibu dalam keluarga, dan dalam upaya menciptakan generasi penerus.

    Hari Ibu

  • ibu

  • Genteng