Sukses

Krakatau Steel-Posco Meledak, Asap Mengepul di Cilegon

Sebanyak 7 karyawan pabrik patungan PT Krakatau Steel-Posco mengalami luka bakar hingga 70 persen akibat peristiwa ini.

Liputan6.com, Cilegon - Pabrik baja yang diresmikan oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2013 lalu meledak. Asap tebal dari pabrik patungan PT Krakatau Steel-Posco itu pun mengepul di langit Kota Cilegon

Sebanyak 7 karyawan mengalami luka bakar hingga 70 persen. Mereka kini mendapatkan perawatan di RS Krakatau Medika.

"Kejadian berawal pada saat penuangan besi cair dari ladle ke converter, tempat menaruh besi cair yang akan dituangkan ke converter. Biasanya nggak apa-apa," kata Corporate Secretary PT Krakatau Posco, Christiawaty Ferani Kaseger di Cilegon, Banten, Senin (15/12/2014).

Christiawaty mengungkapkan, ledakan terjadi di area Steel Making Plant (SMP), tempat proses pengolahan dari besi cair menjadi baja cair. Peristiwa itu berawal di areal SMP saat mesin pabrik tengah beroperasi menuangkan besi cair.

Pabrik baja terbesar di Asia Tenggara itu mengalami ledakan sekitar pukul 13.00 WIB. Asap tebal mengepul dari pabrik yang terletak di Jalan Raya Anyer, Kecamatan Ciwadan, Kota Cilegon itu. Warga pun dibuat kaget olehnya.

Seperti yang dirasakan seorang warga, Chaidar Firmansyah. "Keras ledakannya, terus keluar asap dari pabrik sama bau kimianya nyengat," kata dia. (Ndy/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.