Sukses

Kazakhstan Siap Realisasi Direct Flight ke Indonesia

Duta Besar Kazakhstan untuk Indonesia Askhat Orazbay membenarkan, bahwa telah terjadi kesepakatan untuk pembukaan direct flight.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Kazakhstan untuk Indonesia Askhat Orazbay membenarkan bahwa telah terjadi kesepakatan untuk pembukaan direct flight dari negaranya ke Tanah Air. Pernyataan tersebut disampaikan

"Ya MoU tersebut sudah ditandatangani oleh otoritas sipil aviasi kedua negara," sebut Orazbay dalam perayaan Hari nasional Kazakhstan di Jakarta yang digelar Senin Desember 2014 malam.

"Sekarang tahapannya tinggal menunggu negosiasi dengan perusahaan penerbangan lokal, namun legal frame work-nya sudah ada," sambung dia.

Ia menjelaskan, selain nantinya ke Jakarta, maskapai lokal negaranya sudah mempunyai penerbangan lokal ke beberapa negara asia tenggara. Termasuk di antaranya adalah Malaysia dan Thailand.

Lebih lanjut, Orazbay menuturkan, nantinya penerbangan langsung itu akan dibuka dengan rute Almati-Denpasar atau sebaliknya. Menurut dia, pemilihan Almati bukan Ibukota Astana karena didasari beberapa hal.

Salah satu faktor terpenting karena Almati merupakan kota terbesar dan bekas ibukota. Sehingga untuk segi infrastruktur, dinilai paling siap.

Rencana pembukaan penerbangan langsung RI-Kazakhtsan sebenarnya sudah bergaung ketika mantan Menlu Indonesia Marty Natalegawa menerima kunjungan menlu Kazakhstan, Erlan Idrisov Agustus lalu.

Kala itu, menurut Marty, dari keterangan Erlan Idrissov, penduduk Kazakhstan sangat suka bepergian. Penduduk dari negara itu rata-rata adalah orang yang mampu secara finasial.

Oleh sebab itu, benefit yang akan diterima jika penerbangan langsung kedua negara sudah terealisasi kemungkinan sangatlah besar. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.