Sukses

Pendidikan di Finlandia Maju Berkat Ki Hadjar Dewantara

Pendidikan di Finlandia dikembangkan berdasarkan sejumlah buku yang ditulis Ki Hadjar Dewantara

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi pendidikan di Finlandia pada era 80-an tidaklah lebih baik dari Indonesia. Namun dalam 3 dekade terakhir, dunia pendidikan di negara kawasan Skandinavia tersebut langsung mengalami kemajuan sangat pesat.

Ternyata rahasia di balik berhasilnya reformasi pendidikan di Finlandia karena negara itu mengikuti ajaran dari Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hadjar Dewantara. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Anies, Anies Baswedan.

Mantan Rektor Universitas Paramadina itu mengatakan, pendidikan di Finlandia dikembangkan berdasarkan sejumlah buku yang ditulis Ki Hadjar Dewantara yang merupakan Menteri Pendidikan pertama di Indonesia. Namun, kata Anies, ironisnya ajaran Ki Hadjar tersebut diabaikan di Indonesia.

"Di negeri ini (buku Ki Hadjar Dewantara) tidak dibaca, tapi di Finlandia dipraktikkan," ujar Anies di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (1/12/2014).

Menurut Anies, pendidikan di Finlandia dikembangkan tanpa unsur dan kepentingan politik. Jadi meski pemerintah berganti, hal tersebut tak berpengaruh atas jalannya transformasi pendidikan.

Selain itu, Anies menambahkan, tempat pendidikan di Finlandia tidak disebut sekolah, melainkan taman. Kata dia, penyebutan itu sudah jelas berdasarkan ajaran dari Ki Hadjar.

"Finlandia menyebut sekolah sebagai taman, mari kita kembalikan semangat itu," tandas Anies. "Ironis ketika negara lain menerapkan prinsip pendidikan Ki Hadjar Dewantara yang dituliskan puluhan tahun dan sukses meningkatkan pendidikan mereka saat ini, (sedangkan) kita sendiri terasing dari pemikirannya." (Riz/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini