Sukses

2 Penghargaan SBY Setelah Digantikan Jokowi

Sejak digantikan Presiden Jokowi, setidaknya ada 2 penghargaan yang diraih SBY.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kini sibuk menjalankan perannya sebagai pimpinan sebuah organisasi lingkungan hidup internasional, Global Green Growth Institute (GGGI). Waktu pria yang karib disapa SBY itu pun banyak dihabiskan di Korea Selatan (Korsel), basis organisasi tersebut.

Di tengah kesibukannya, kakek 2 anak itu masih menuai segudang prestasi. Berbagai penghargaan diraihnya pasca-turun dari kursi presiden pada 20 Oktober 2014 lalu.

Apa yang didapatkannya itu menambah panjang deretan penghargaan yang pernah diraih SBY. Sejak digantikan Presiden Jokowi, setidaknya ada 2 penghargaan yang diraih suami Ani Yudhoyono tersebut.

Berikut catatannya yang dirangkum Liputan6.com, Jumat (21/11/2014):

Selanjutnya: The Grand Order of Mugunghwa...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

The Grand Order of Mugunghwa

1. The Grand Order of Mugunghwa

Pada 19 November 2014, Presiden Korea Selatan Park Geun Hye menganugerahkan penghargaan berupa medali The Grand Order of Mugunghwa kepada SBY. Mantan Ibu Negara Ibu Ani Yudhoyono turut mendampingi SBY menerima penghargaan tersebut.

"Presiden Republik Korea, Park Geun-hye memberikan penghargaan tertinggi, medali The Grand Order of Mugunghwa kpd SBY," demikian yang dikicaukan akun Twitter resmi SBY, @SBYudhoyono.

The Grand Order of Mugunghwa merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Pemerintah Korsel kepada individu yang telah banyak memberikan kontribusi kepada Negeri Ginseng. Termasuk dalam peningkatan hubungan bilateral dengan negara sahabat.

 

 

Selanjutnya: Champion of the Earth 2014 for Policy Leadership...

3 dari 3 halaman

Champion of the Earth 2014 for Policy Leadership

2. Champion of the Earth 2014 for Policy Leadership

Menyusul penghargaan dari Korsel, organisasi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), juga menganugerahkan Champion of the Earth 2014 for Policy Leadership kepada SBY. Pemberian penghargaan oleh organisasi lingkungan hidup internasional di bawah PBB, United Nations Environment Programme (UNEP).

Penghargaan itu khusus diberikan kepada pemimpin dunia yang dinilai memiliki kontribusi positif kepada lingkungan melalui kebijakan-kebijakannya.

Namun SBY tak bisa menerima langsung penghargaan yang diberikan di Amerika Serikat tersebut. Ini lantaran ayah 2 putra tersebut tengah berada di Korsel.

Karena itu, putra sulung SBY Agus Harimurti Yudhoyono yang mewakilkan menerima penghargaan. Kebetulan suami Annisa Pohan itu tengah menempuh pendidikan di Negeri Paman Sam tersebut.

"SBY tidak dapat menghadiri acara penganugerahan oleh @UNEP karena sedang bertugas sbg Presiden GGGI di Korea Selatan," kicau @SBYudhoyono, Jumat (21/11/2014).
 

 

(Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini