Sukses

Ahok: Ada Mafia Tanah Bermain di Sodetan Kali Ciliwung

Akibatnya, kata Ahok, pembangunan sodetan Ciliwung pun terhambat.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menuding mafia tanah atau makelar menyebabkan sulitnya proses negosiasi harga ganti rugi kepada warga yang bermukim di bantaran Kali Ciliwung. Akibatnya pembangunan sodetan Ciliwung pun terhambat.

"Ada mafia-mafia tanah yang bermain," ucap Ahok di Balaikota Jakarta, Kamis (20/11/2014).

Padahal, menurut Ahok, banyak warga yang sudah ikhlas untuk pindah dan menerima besaran ganti rugi sesuai harga pasar. Namun, lanjut dia, mafia tanah ini menekan warga dan pemerintah.

Para mafia ini, sambung Ahok, menuntut agar Pemprov DKI Jakarta membayar ganti rugi di awal sebelum warga pindah. Apabila pemerintah sudah beri ganti rugi, lahan itu malah dijual kembali ke pihak lain.

Mantan Bupati Belitung Timur itu menegaskan, selama ini uang untuk warga banyak melewati calo. Sehingga, uang ganti rugi menjadi berkurang.

"Selama ini disikat dulu kan, udah disikat, mesti lewat calo juga minta uangnya. kan kurang ajar," tandas Ahok. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.