Sukses

Foto Bersama di APEC, Jokowi Diapit Obama, Xi Jinping, dan Putin

Presiden Jokowi mendapat tempat terhormat, berada di tengah-tengah pemimpin negara paling berpengaruh di dunia.

Liputan6.com, Beijing - Tak hanya di dalam negeri, Presiden Joko Widodo atau Jokowi ternyata juga jadi magnet di luar negeri. Ini terlihat saat sesi foto bersama para pemimpin APEC 2014 di Watercube, Beijing, Senin 10 November malam.

Presiden Jokowi mendapat tempat terhormat, berada di tengah-tengah pemimpin negara paling berpengaruh di dunia. Jokowi berdiri diapit di antara Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Presiden China Xi Jinping, dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Sesi foto berlangsung sangat meriah. Para pemimpin dunia yang datang satu per satu disambut tarian dan lampu warna-warni di sepanjang jalan menuju arena Watercube.

Presiden Jokowi datang bersama Ibu Negara Iriana dengan memakai baju khas Tiongkok berwarna merah marun. Keduanya berbaur dengan pemimpin negara lain dan berbincang hangat.

Saat sesi foto dimulai, Presiden Jokowi berada di deretan depan bersama Presiden Rusia Vladimir Putin, lalu Presiden China Xi Jinping dan istri di sebelahnya, di sebelahnya lagi Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana, baru Presiden Obama dan istinya Michelle. Mereka menggunakan pakaian dengan motif dan warna senada.

Di Hotel Kempinski, Beijing, Selasa (11/11/2014), Jokowi sempat menyampaikan makna dari posisinya saat sesi foto bersama pemimpin APEC itu. "Kamu harus lihat tadi misalnya makan malam seperti ini kenapa kanan saya Presiden Xi Jinping, kemudian di sana ada Pak Obama, di kirinya ada Pak Putin. Saya ada di mana?" kata Jokowi.

Saat ditanyakan makna posisi fotonya, Jokowi menjawab, "itu simbol, itu harus dibaca. Kita jadi rebutan gitu loh."

Kendati demikian, Presiden Jokowi menegaskan bakal setia pada konstitusi.  "Di tengah gitu, bebas aktif. Kamu jangan keluar dari rel konstitusi," ujar Jokowi. (Ant/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Hj. Iriana atau juga dikenal dengan Ibu Iriana Joko Widodo adalah istri dari Presiden Indonesia ketujuh, Ir. H. Joko Widodo.
    Hj. Iriana atau juga dikenal dengan Ibu Iriana Joko Widodo adalah istri dari Presiden Indonesia ketujuh, Ir. H. Joko Widodo.

    Iriana Jokowi