Sukses

Ini 5 Kantor Pos Tempat Pembagian 'Kartu Sakti' Jokowi

Sesuai keputusan Menko PMK, 2 kartu 'sakti' Jokowi: Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) akan dibagikan hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintahan Joko Widodo atau Jokowi bergerak cepat untuk menerapkan program kesehatan dan pendidikan gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia. Sesuai keputusan Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani, dua 'kartu sakti' Jokowi yakni Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) akan dibagikan hari ini, Senin (3/11/2014).

Menurut Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Menko PMK Dian Vitasari, kedua kartu tersebut akan dibagikan di 5 Kantor Pos Indonesia di Jakarta.

"Ada 5 Kantor Pos yang akan menjadi tempat launching KIS dan KIP, yaitu Kantor Pos Jakarta Pusat (di Pasar Baru), Kantor Pos Jakarta Selatan (di  Fatmawati), Kantor Pos di Mampang Prapatan, Kantor Pos Jakarta Timur (di Jalan Pemuda), dan Kantor Pos Jakarta Utara (di Kebon Bawang)," jelas Dian.

Dua 'kartu sakti' itu sebelumnya sudah dibagikan di Sinabung, Sumatera Utara, saat Presiden Jokowi mengunjungi korban Gunung Sinabung. Tercatat ada 500 kepala keluarga di tempat itu yang mendapatkan KIP dan KIS.

Sekretaris Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2TK) Bambang Widianto mengatakan, KIS yang akan diluncurkan masih merupakan tahap awal. Pemerintah masih akan memperbarui data penerima kartu tersebut.

Menurut Bambang, anggaran yang digunakan Pemerintahan Jokowi untuk menopang KIS masih menggunakan anggaran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, yang tahun ini dialokasikan sekitar Rp 20 triliun. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.