Sukses

2-11-1957: Misteri Penampakan 'UFO' di Levelland Texas

Apa yang terjadi di Levelland Texas, jelang tengah malam 2 November 1957, menjadi awal dari sebuah misteri. UFO, ataukah fenomena lain?

Liputan6.com, Texas - Apa yang terjadi di Levelland Texas, jelang tengah malam 2 November 1957, menjadi awal dari sebuah misteri. Kala itu sekitar pukul 23.00, beberapa jam sebelum Rusia meluncurkan pesawat luar angkasa Sputnik yang mengangkut anjing, petugas patroli AJ Fowler menerima laporan aneh.

Di ujung telepon, seseorang bernama Pedro Saucedo mengaku, ia dan rekannya, Joe Salaz bepergian menggunakan truk di Route 116, sekitar 4 mil barat Levelland.

Tiba-tiba, kata dia, terlihat cahaya terang yang berasal dari  benda putih mirip torpedo besar atau roket yang diduga mengangkasa dari lahan pertanian di sekitarnya.

Saat objek misterius itu melewati  kendaraan mereka, terdengar suara mirip gemuruh dan hembusan angin kencang. Saucedo mengaku, badan truk sontak bergetar, mesin mati. Udara di sekeliling terasa panas. Panas yang aneh dan tak biasa.

 "Aku melompat keluar dari truk dan menginjak tanah, takut bukan kepalang. Aku memanggil-manggil Joe tapi ia tak keluar. Benda itu, entah apa, melewati truk, lalu terdengar suara gemuruh dan hembusan angin kencang. Kendaraan kami bergetar hebat...aku merasa panas," kata Saucedo seperti dikutip dari Wikipedia.

Menyangka laporan itu sekedar lelucon, Fowler mengabaikannya. Hingga muncul laporan demi laporan berikutnya. Ada suami istri yang melaporkan kilatan cahaya melintasi langit dan radio mereka tiba-tiba mati selama 3 detik.

Lima menit kemudian, Jose Alvarez melaporkan mesin kendaraannya mati saat objek misterius melintas pada dini hari, 3 November 2014. Malam itu, kepolisian  Levelland menerima 15 laporan telepon. "Semua yang melapor terdengar sangat bersemangat," kata petugas Fowler. Anggota polisi yang dikerahkan untuk menyelidiki kejadian juga sempat menyaksikan kilatan cahaya.

Penampakan misterius di  Levelland menjadi perhatian publik di seantero Amerika Seikat. Insiden itu juga menjadi bahan penyelidikan Project Blue Book --  yang bertugas melakukan investigasi terhadap laporan penampakan UFO antara tahun 1947 sampai 1969.

Seorang sersan Angkatan Udara AS dikirim ke Levelland, selama 7 jam ia melakukan penyelidikan dan mewawancarai beberapa saksi. Lalu, ia menyimpulkan bahwa sejumlah badai listrik atau mungkin bola petir dari fenomena Saint Elmo's Fire adalah sebab musabab kejadian tersebut.

Namun, sejarawan UFO Curtis Peebles mengatakan, pihak Angkatan Udara hanya menemukan 3 orang yang menyaksikan cahaya biru. Tak ada deskripsi seragam mengenai objek tersebut. Dan, pihak Project Blue Book mengabaikan kesaksian Saucedo -- hanya karena ia berpendidikan rendah.

Dr. Donald H. Menzel, ahli astronomi sekaligus peneliti UFO setuju dengan penjelasan angkatan udara. "Orang-orang yang meyakini piring terbang mengeluhkan penyelidik yang hanya 7 jam berada di lokasi kejadian. Menyebutnya tak menganggap apa yang terjadi sebagai hal serius, sehingga tak bisa menemukan solusi yang benar. Namun, meski 7 jam bisa ada titik terang dalam masalah itu," kata dia.

Dia percaya penyebabnya adalah bola petir (ball lightning) Apalagi, menurut Menzel, kondisi cuaca di pada 2 November malam ideal bagi pembentukan fenomena tersebut.

Selain 'UFO' di Texas, tanggal 2 November juga diwarnai kejadian menarik. Pada tahun 1963, Presiden Vietnam Ngo Dinh Diem ditangkap dan dibunuh. Ia tewas setelah dihujam bayonet dan tembakan revolver.

Sementara, pada tahun 1984, pembunuh berantai Velma Barfield menjadi perempuan pertama yang dieksekusi mati di AS sejak 1962.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.