Sukses

Justru karena 'Gila', Susi Ditunjuk Jadi Menteri Jokowi

Jokowi menceritakan bagaimana ia pada akhirnya memilih Susi sebagai menteri.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk seorang pengusaha wanita Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti. Baru sepekan menjabat, banyak gebrakan dan aksi nyentrik yang ditunjukkan Bos Susi Air tersebut. Salah satunya mengubah jam kerja pegawai negeri sipil (PNS) di kementeriannya. Dipilihnya Susi pun langsung menuai sambutan positif dari masyarakat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menceritakan bagaimana ia pada akhirnya memilih Susi sebagai menteri. Yang menjadi alasan Jokowi memilih Susi karena wanita lulusan SMP itu dikenal sebagai orang "gila".

"Sebelum diangkat menjadi Menteri Perikanan dan Kelautan, Bu Susi Pudjiastuti bicara pada saya "Pak saya surprise, Bapak angkat saya jadi Menteri, sebelumnya saya sering disebut gila karena saya keras melemparkan ide dan mengeritik ke menteri-menteri sebelumnya soal masalah perikanan dan kelautan, tapi Bapak kok percaya pada saya?"," cerita Jokowi dalam akun Facebook resminya, Ir H Joko Widodo, Sabtu (1/11/2014).

"Saya jawab enteng saja "Ya Saya memang butuh orang 'gila' untuk melakukan terobosan" lalu Bu Susi tertawa," imbuh mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Dalam akun jejaring sosialnya, Jokowi juga memuji kinerja Susi dalam hari-hari pertama menjabat sebagai Menteri Kelautan. Susi yang pernah jadi 'bakul iwak' atau penjual ikan itu dinilai Pak Presiden pantas menjadi menteri Kabinet Kerja.

Susi dianggap bisa menyulap harga ikan menjadi lebih murah karena distribusinya lancar, meski diakui Jokowi, bahwa tak mudah untuk membangun industri kelautan Indonesia yang kerap disalahgunakan secara ilegal.

"Saya senang dengan cara kerja Bu Susi yang dalam jam-jam pertama pekerjaannya membuka kesadaran publik bagaimana potensi laut kita dicuri nelayan asing, juga target-target atas Kementerian Perikanan dan Kelautan yang bisa memberikan devisa pada negara," jelas Jokowi.

"Dan saya yakin Ibu Susi punya karakter untuk melayani, seperti ia yang sigap menggendong ibu yang sudah sepuh ini.  Selamat bekerja Ibu Susi, Jalesveva Jayamahe - Di Laut Kita Jaya-," tandas Jokowi. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Menjabat sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti kerap jadi perbincangan karena gayanya yang cuek. (Via: liputan6.com)
    Susi Pudjiastuti adalah pengusaha yang didaulat Jokowi menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Kerja 2014-2019

    Susi Pudjiastuti

  • menteri

Video Terkini