Sukses

Perwira TNI Diceramahi Soal Ekonomi Era Jokowi

Menurut Kadispenum Puspen TNI Bernardus Robert, ceramah mengambil judul Economic Choices Facing the New President.

Liputan6.com, Jakarta - Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal TNI Moeldoko membuka acara ceramah ekonomi bagi para perwiranya. Ceramah yang diberikan oleh Profesor Emiritus Bidang Ekonomi Universitas Boston Prof Gustav F Papanek ini untuk menyikapi dinamika perkembangan ekonomi yang dihadapi Presiden Joko Widodo.

Menurut Kadispenum Puspen TNI Bernardus Robert, ceramah yang mengambil judul Economic Choices Facing the New President, diberikan kepada 107 perwira TNI dan 301 kolonel.

"Hal ini dilakukan sejalan dengan dinamika perkembangan situasi saat ini yang menuntut adanya wawasan dalam berbagai disiplin ilmu bagi para perwira TNI, termasuk pengetahuan tentang perekonomian," ujar Bernardus dalam keterangannya di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (30/10/2014).

Selain itu, menurut dia, hal tersebut juga sejalan dengan upaya peningkatan profesionalisme prajurit.

"Salah satu langkah yang dilakukan (meningkatkan profesionalisme) adalah mendapatkan informasi sebanyak mungkin tentang perkembangan yang terjadi di luar TNI," jelas Bernardus.

Gustav F Papanek pernah menjabat sebagai Ketua Kelompok Penasihat Harvard untuk Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Kementerian Keuangan, dan melatih beberapa generasi ahli ekonomi Indonesia.

"Di samping itu (Gustav F Papanek), juga masih aktif memberikan nasihat kepada pemerintah dan organisasi internasional tentang strategi pembangunan, pengentasan kemiskinan, dan penciptaan lapangan pekerjaan, serta isu-isu ekonomi lainnya," jelas Bernardus. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.
    Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.

    TNI

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Gustav F Papanek

Video Terkini