Sukses

Pilot Pesawat Sepuh Tewas Usai Manuver Ala 'Top Gun'

Insiden tersebut telah dibenarkan oleh pemadam kebakaran Ventura County. Mereka juga telah mengonfirmasi kematian sang pilot.

Liputan6.com, California - Malang tak bisa ditolak, kecelakaan pesawat menimpa seorang pilot di Amerika Serikat. Ia dilaporkan tewas usai bermanuver ala film Tom Cruise 'Top Gun' dengan jet tempurnya itu.

Pihak berwenang di Ventura County, California melaporkan sebuah pesawat militer jatuh di lahan pertanian dekat Pacific Coast Highway dan Hueneme Jalan di Oxnard, California.

Pilot jet Hawker Hunter, yang kemungkinan terbang dengan otoritas Airborne Tactical Advantage Co. (ATAC), tewas ketika pesawatnya jatuh sekitar pukul 17.13.

Menurut Ventura County Star, dikutip dari New York Daily News, Kamis (30/10/2014), ATAC terbang dalam misi pelatihan sebagai "bad guy" dengan militer AS.

Media KTLA melaporkan, pesawat yang pangkalannya di Naval Base Ventura County, Titik Mugu, dalam perjalanan kembali dari misi pelatihan ketika jatuh di luar pangkalan. Namun tak diketahui apakah kematiannya akibat terlempar dari pesawat atau ada masalah dengan parasutnya.

Insiden tersebut telah dibenarkan oleh pemadam kebakaran Ventura County. Mereka juga telah mengonfirmasi kematian sang pilot.

"Kematian dikonfirmasi," ujar Kapten Departemen pemadam Kebakaran Ventura County, Mike Lindbery dalam postingannya di akun Twitter.

Ventura County Star menyebutkan, Hawker Hunter adalah salah satu dari dua jet tempur berusia sepuh -- 60 tahun --  buatan Inggris, yang digunakan oleh ATAC.



Pesawat Hawker Hunter lain yang jatuh dan menewaskan pilot pernah terjadi pada tahun 2012. Juga di dekat pangkalan dan pesawat milik ATAC pula. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini