Sukses

Dongkrak Ekonomi Kreatif, Jokowi Segera Bentuk Lembaga Baru

Menurut Menteri Bappenas Andrinof A Chaniago, Badan Ekonomi Kreatif tidak akan menjadi lembaga pembuat kebijakan, tapi sebagai eksekutor.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam waktu dekat akan membentuk sebuah lembaga baru di bidang ekonomi. Salah satunya adalah badan ekonomi yang bertugas mengembangkan ekonomi kreatif.

Menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Andrinof A Chaniago, Badan ini tidak akan menjadi lembaga pembuat kebijakan, tapi menjadi eksekutor atas pengembangan kegiatan ekonomi kreatif.

"Dia (Badan Ekonomi Kreatif) lebih sebagai eksekutor melaksanakan, bukan pembuat kebijakan," ujar Andrinof di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa (28/10/2014).

Selain itu, lanjut Andrinof, pemerintahan yang baru dibentuk ini juga akan memberikan perhatian khusus dalam bidang ekspor produk dalam negeri. Sehingga akan dibentuk pula sebuah lembaga yang secara khusus menangani masalah ini.

"Entah apapun namanya nanti, ini untuk mengintegrasikan aktivitas promosi produk dan jasa-jasa dalam negeri kita ke luar negeri," kata dia.

Mengenai anggaran untuk kedua badan tadi, Andrinof menyebut anggarannya akan masuk dalam pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2015.

"Ini secepatnya dibentuk, sekarang dipersiapkan perangkatnya dulu. Nanti akan masuk di RAPBN 2015, sekarang persiapkan desain dan perangkat," ujar Andrinof. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini