Sukses

JK Sebut Puan Pantas Jadi Menko Karena Berpengalaman di DPR

Pengalaman Puan Maharani yang telah 2 periode menjadi anggota DPR, lalu jadi Ketua Fraksi PDIP, kata JK, menjadi bukti kalau Puan layak.

Liputan6.com, Jakarta - Penunjukan Puan Maharani sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Sosial Budaya di Kabinet Kerja Jokowi-JK menimbulkan kritik dari sejumlah kalangan. Puteri Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri itu dianggap masih terlalu minim pengalaman untuk memangku jabatan sebagai Menteri Koordinator.

Namun anggapan itu dibantah tegas oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). JK menilai untuk menduduki posisi Menko tidak harus orang yang sudah berpengalaman dalam kabinet. Masih kata JK, pengalaman Puan yang telah dua periode menjadi anggota DPR dan menjabat sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan menjadi bukti kalau Puan layak memimpin Menteri Koordinator.

"‎Ya, tidak ada orang yang langsung berpengalaman, semua harus dimulai dari awal. Tapi Puan itu kan sudah berpengalaman di DPR," ujar JK di Kantor Wapres, Jakarta, Senin (27/10/2014).

Menurut JK, walau menjadi menteri termuda di Kabinet Kerja, Puan mempunyai banyak pengalaman politik. Selain lama duduk sebagai anggota parlemen, sebagai ketua badan pemenangan pemilu (Bappilu) PDI Perjuangan, Puan juga dianggap sebagai orang paling berpengaruh dalam kemenangan Jokowi-JK saat Pilpres Juli lalu.

Dengan posisi-posisi strategis itu, mantan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) ini yakin Puan Maharani dapat menjadi Menteri Koordinator yang memimpin sejumlah kementerian, di antaranya Kesehatan, Kementerian Sosial, Kementerian Agama, dan Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi. "Pertimbangannya bahwa perlu Menko dan dianggap Puan dapat mengkoordinasi itu," kata JK. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini