Sukses

Sertijab ke Menlu Perempuan Pertama RI Digelar Sore Ini

Untuk kali pertamanya dalam sejarah, seorang perempuan menjadi Menteri Luar Negeri Republik Indonesia. Jokowi memilih Retno Marsudi.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk kali pertamanya dalam sejarah, seorang perempuan menjadi Menteri Luar Negeri Republik Indonesia. Presiden Jokowi menunjuk Retno Marsudi sebagai pengganti Menlu sebelumnya, Marty Natalegawa.

Menurut keterangan dari Kementerian Luar Negeri, serah terima jabatan (Sertijab) dari Marty Natalegawa ke Retno Marsudi diadakan pada hari ini, Senin (27/10/2014) pukul 16.00 WIB.

Sebelumnya, Retno secara resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo. Dia diambil sumpah bersama 33 Menteri lain yang berada di Kabinet Kerja.

Setelah acara pelantikan, pukul 14.00, Retno dilaporkan menghadiri rapat kerja kabinet. Rapat tersebut merupakan rapat kabinet pertama di era Presiden Jokowi.

Retno Marsudi bukan merupakan sosok asing di Kementerian Luar Negeri. Dia merupakan pejabat karir yang pernah menduduki sejumlah jabatan penting.

Sebelum dilantik, ibu dari dua orang anak ini, masih menjabat sebagai Dubes RI di Belanda. Tidak hanya itu, pada 2005, Retno ditunjuk menjadi Dubes RI untuk Norwegia merangkap Islandia.

Nantinya, dalam menjalankan sejumlah tugasnya Retno tidak akan seorang diri. Dirinya akan dibantu oleh wakil menteri luar negeri AM Fachir. Sebelum ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Wamenlu, Fachir adalah Dubes Indonesia untuk Arab Saudi.

Saat mengumumkan nama Menlu Retno, Presiden Jokowi mengatakan, ""Beliau menteri luar negeri perempuan pertama di Indonesia."(Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini