Sukses

Jokowi Tunjuk Pratikno Sebagai Mensesneg, Siapa Jadi Rektor UGM?

Pratikno yang dipilih Presiden Jokowi jadi Mensesneg adalah Rektor UGM. Ia juga 'anak desa yang masuk Jakarta'.

Liputan6.com, Yogyakarta - Presiden Jokowi memilih Pratikno sebagai Menteri Sekretaris Negara, saat sang profesor masih menjabat menjadi Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM). Jadi, siapa yang akan menggantikan posisinya?

Kepala Bidang Humas UGM Wiwit Wijayanti mengatakan, terpilihnya Pratikno sebagai Mensesneg sesuai dengan kapasitasnya sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Politik dan Pemerintahan. UGM berharap rektornya dapat menjalankan amanah dalam pemerintahan RI tersebut.

"Ya kami bangga Pak Pratik terpilih menjadi menteri. Posisi ini sesuai dengan kapasitas beliau sebagai guru besar bidang ilmu politik dan pemerintahan. Semoga beliau amanah, dapat mengemban tugas dengan baik," ujar Wiwit di Yogyakarta, Senin (27/10/2014).

Terkait jabatan rektor, kata Wiwit, pihak universitas akan menunggu pengunduran diri. Setelah pengunduran diri Pratikno. Lalu, Majelis Wali Amanat UGM akan memilih salah satu dari 5 wakil rektor saat ini menjabat.

"Diganti, setelah ada pengunduran diri dari Pak Tik. Ya nanti dipilih oleh majelis wali amanat dari salah satu wakil rektor. Ya dari 5 itu," ujar Wiwit.

Salah satu dari 5 wakil rektor akan mengantikan jabatan Pratikno. Mereka adalah Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan Iwan Dwiprahasto, Wakil Rektor Perencanaan Keuangan dan Sistem Informasi Didi Achjari, Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Suratman, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia Budi Santoso Wingyosukarto, serta Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni Dwikorita Karnawati.

Saat mengumumkan Mensesneg Pratikno, Presiden Jokowi sempat menceritakan latar belakangnya. "Sama seperti saya, sekarang anak desa masuk Jakarta," kata pria bernama lengkap Joko Widodo itu sambil tersenyum. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Pratikno

Video Terkini