Sukses

Ditunjuk jadi Menteri, Tjahjo Kumolo Lepas Posisi Sekjen PDIP?

Jokowi sebelumnya menegaskan bahwa menteri kabinetnya tak boleh rangkap jabatan. Apakah Tjahjo Kumolo akan melepas posisi Sekjen PDIP?

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo ditunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) oleh Presiden Joko Widodo. Lantas apakah Tjahjo bakal melepas posisi Sekjen partai berlambang moncong putih? Sebab Jokowi sebelumnya menegaskan bahwa menteri dalam kabinetnya tak boleh rangkap jabatan.

Tjahjo yang mendatangi kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pada awalnya enggan menanggapi pertanyaan itu. Tapi akhirnya Tjahjo mengaku akan melapor terlebih dulu kepada Megawati terkait penunjukkan dirinya sebagai menteri oleh Jokowi.

Namun demikian mantan Ketua Biro Organisasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Daerah Tingkat I Jawa Tengah itu menegaskan akan fokus sebagai Mendagri. Sebab menurutnya, ini amanah yang harus dijalankan.

"Saya lapor dulu. Ini tanggung jawab yang diberikan partai dan presiden, saya akan fokus. Ini amanah, dengan pengalaman 30 tahun di DPR, kemudian saya pernah di Komisi (berkaitan tugas) Mendagri, (dan komisi) Pertahanan, itu jadi bekal saya," ujar Tjahjo, Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (26/10/2014).

Lulusan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro itu juga mengaku dirinya menyerahkan sepenuhnya kepada Mega terkait posisi Sekjen PDIP. Sementara itu, Wakil Sekjen PDIP Hasto Kristianto mengatakan bahwa Jokowi yang akan menjelaskan terkait Tjahjo Kumolo.

"Nanti Pak Jokowi yang menyampaikan," kata Hasto.

Ada beberapa elite partai yang ditunjuk menjadi menteri. Adalah Puan Maharani, Ketua DPP PDI P yang ditunjuk Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Di partai lain ada pula nama Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan, Lukman Hakim Saifuddin yang ditunjuk sebagai Menteri Agama. Ada juga Ketua Bappilu Partai Hanura Yuddy Chrisnandi yang ditunjuk sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Kemudian, Ketua DPP Partai Hanura Saleh Husin yang ditunjuk Menteri Perindustrian. Hanif Dhakiri, Sekjen PKB yang ditunjuk sebagai Menteri Ketenangakerjaan, dan Marwan Jafar selaku Ketua DPP PKB yang diangkat menjadi Menteri Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi.

Ada juga Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Musyidan Baldan yang merupakan Ketua Bappilu Partai Nasdem, serta Siti Nurbaya, Ketua DPP Nasdem yang ditunjuk Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.