Sukses

Ini Makna Kemeja Putih Menteri Kabinet Jokowi

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa belum mau menjelaskan apa saja yang akan menjadi program kementeriannya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi baru saja mengumumkan 34 nama menteri kabinet yang bernama Kabinet Kerja. Ada semacam dress code atau kostum yang harus dikenakan para menteri Jokowi yang namanya diumumkan sore tadi.

Kostum tersebut yaitu kemeja putih dan celana hitam. Rupanya, ada makna di balik kostum para menteri Kabinet Kerja terpilih itu.

"Bismillah, dengan hati bersih sesuai kemeja putih ini, kita memulai untuk memajukan bangsa dan negara," sebut Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (26/10/2014).

Seperti para menteri lainnya, Khofifah belum mau menjelaskan apa saja yang akan menjadi program kementeriannya. Ia masih menunggu arahan Presiden Jokowi yang akan diberikan usai rapat kabinet perdana, Senin 27 Oktober besok.

"Itu belum, yang diamanatkan kan baru besok," tutur Khofifah.

Ini merupakan kali kedua Khofifah menjadi menteri. Sebelumnya, ia pernah jadi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak era Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Saat kampanye Pilpres 2014 lalu, Khofifah merupakan salah satu Jubir Jokowi.

Dari 43 nama calon menteri susunan kabinet yang diajukan Jokowi ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) sebelumnya, 8 di antaranya mendapat rapor merah atau tidak direkomendasikan menjadi menteri kabinet Jokowi.

Penelusuran atau audit calon menteri kabinet Jokowi ini pertama kali dilakukan, dari presiden-presiden sebelumnya. Tujuan audit calon menteri ini guna menciptakan pemerintahan baru yang bersih dan bebas dari korupsi. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.