Sukses

Pemilik Susi Air Jadi Menteri Kelautan dan Perikanan

Susi Pudjiastuti pengusaha maskapai penerbangan Susi Air dan eksportir hasil ikan laut.

Liputan6.com, Jakarta - Wajah Susi Pudjiastuti sumringah sepulangnya dari Istana pada Jumat 24 Oktober lalu. Namanya dilirik Presiden Joko Widodo untuk mengisi posisi Menteri Kelautan dan Perikanan di Kabinet Kerja sehingga diundang untuk berdiskusi tentang berbagai hal.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (26/10/2014), wanita 49 tahun ini dikenal sebagai pengusaha maskapai penerbangan Susi Air dan eksportir hasil ikan laut. Susi lahir di Pangandaran, Jawa Barat dari keluarga saudagar ternak. Walau sekolahnya putus di bangku SMA, insting bisnis Susi terasah tajam.

Dengan modal seadanya, Susi muda merintis usaha sebagai pengepul ikan di Pangandaran, Jawa Barat. Usahanya terus berkembang dengan lobster sebagai ekspor andalan.

Untuk mengangkut hasil laut ke berbagai negara dalam kondisi segar, Susi membeli sebuah pesawat Cessna. Di sinilah maskapai Susi Air lahir.

Saat tsunami melanda Aceh 2004, pesawat miliknyalah yang pertama kali mencapai lokasi untuk mendistribusikan bantuan. Maskapainya terus berkembang hingga kini mengoperasikan ratusan rute perintis dan bahkan ia kini mendirikan sekolah penerbangan.

Akankah keberhasilannya dalam bisnis penerbangan dan hasil laut bisa diterapkan saat Susi memegang pos Kementerian Kelautan dan Perikanan. (Ado)

Baca Juga:

Umumkan Kabinet Kerja, Jokowi Minta Menterinya Lari

Pratikno, dari Bulaksumur Jadi Mensesneg

Jokowi: 34 Menteri Baru Kita Beri Nama Kabinet Kerja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini