Sukses

Hamzah Haz Benarkan PPP Gabung ke Jokowi

PPP sebelumnya bergabung dengan Koalisi Merah Putih (KMP). Kini berpindah ke Koalisi pemerintahan Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Hamzah Haz membenarkan partainya bergabung dengan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) yang menyokong Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Partai berlambang kabah tersebut sebelumnya bergabung dengan Koalisi Merah Putih (KMP) yang mendukung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa saat Pilpres 2014 lalu.

"Iya kan Majelis Syariah sudah sebutkan seperti itu (gabung ke KIH)," ujar Hamzah usai menjenguk mantan Presiden BJ Habibie yang tengah dirawat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Sabtu (25/10/2014).

Ketua Majelis Syariah KH Maimoen Zubair‎ mendatangi ke kediaman Jokowi pada 15 Oktober lalu atau 5 hari sebelum Jokowi dilantik sebagai Presiden. Jokowi mengisyaratkan PPP akan keluar dari KMP dan bergabung ke KIH.

"Sinyalnya Insya Allah ‎kuat banget," kata Jokowi kala itu.

Karenanya, Hamzah mengatakan, tidak ada masalah bagi PPP jika seandainya keluar dari KMP dan ‎merapat ke KIH. Apalagi, Maimun sendiri sudah mengatakan PPP segera berlabuh ke KIH. "Mbah Maimoen  kan sudah katakan seperti itu. Jadi tidak ada masalah," kata Hamzah.

Maimoen Zubair sebelumnya mengaku telah didatangi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri usai pelantikan Jokowi pada 20 Oktober lalu.Dia juga mengaku telah menitipkan PPP ke Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • PPP