Sukses

Pengamat: Jokowi dan Prabowo Kalahkan Ego Pribadi

Tindakan yang dilakukan oleh Jokowi dan Prabowo juga dianggap sifat ksatria.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai memiliki kepribadian yang luar biasa. Sebelum dilantik menjadi presiden, dia menemui rival-rival politiknya pada Pemilu Presiden 2014 seperti Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie.

"Bagi saya, Jokowi punya kepribadian yang luar biasa, yang menang mau rangkul yang kalah," ujar pengamat politik dan Direktur Eksekutif Politic Communication Institute, Heri Budianto dalam diskusi bertema 'Membangun Sinergi Pemerintah dan Parlemen yang Sehat' di Jakarta, Selasa (21/10/2014).

Menurut Heri, pernyataannya itu tidak hanya didasari oleh pertemuan Jokowi dan Prabowo yang berujung keakraban. Namun, kepribadian tersebut juga muncul saat mantan Walikota Solo tersebut bertemu dengan Aburizal Bakrie atau Ical dan beberapa tokoh dari Koalisi Merah Putih (KMP) lain.

Untuk pertemuan dengan Prabowo, pujian turut dilontarkan Heri bagi calon presiden dari Gerindra tersebut. Heri menyebut apa yang ditunjukkan baik Jokowi dan Prabowo adalah contoh sifat ksatria seorang negarawan dan sudah sepantasnya dipuji.

"Keduanya telah mengalahkan ego pribadi demi kepentingan bangsa negara," tandas Heri.

Dalam pidato pelantikannya sebagai Presiden ke-7 Indonesia, Jokowi membacakan beberapa nama orang yang hadir di antaranya adalah Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa.

"Rekan dan sahabat saya, Pak Prabowo," sapa Jokowi dalam pidatonya di hari pelantikan sebagai presiden di gedung DPR/MPR, Jakarta, Senin 20 Oktober 2014.

Mendengar namanya disebut Jokowi, Prabowo lantas berdiri. Mantan Danjen Kopassus itu kemudian memberikan hormat militernya pada sang presiden. (Yus)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

Video Terkini