Sukses

Gaya 'Jawa Klasik' Iriana Jokowi Disebut Mirip Ibu Tien Soeharto

Dandanan Iriana Jokowi dinilai pas dan sesuai dengan citranya sebagai wanita Indonesia. Saking Jawa-nya, disebut mirip Ibu Tien Soeharto.

Liputan6.com, Jakarta - Penampilan istri Presiden ke-7 RI Iriana Jokowi saat pelantikan sang suami menuai banyak pujian. Salah satunya dari jejaring sosial Twitter.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (21/10/2014), dandanan sosok ibu rumah tangga yang menjelma menjadi ibu negara itu dinilai pas dan sesuai dengan citranya. Alias tak berlebihan.

"Penampilan Ibu Negara kita Ibu Iriana sederhana n manis..," tulis pengguna Twitter bernama Yesmi di akun @yesmie.



Akun lainnya juga menyebut bahwa Iriana Jokowi tampil cantik mencerminkan wanita Indonesia.

"our new first Lady, ibu Iriana, looks very classic but beautiful and showing Indonesian's face.. <3," cuit Cecilia Sylvani di akun @CecsyL.

Tak sampai di situ, pujian juga datang dari CEO Majalah Femina Petty S Fatimah. Ia menilai penampilan ibu 3 orang anak itu mirip dengan Ibu Negara Tien Soeharto.

"Ibu Iriana pakai kebaya kutubaru oranye motif bunga, selendang&rambut digelung bersunggar. Cantik. Mengingatkan pd ibu Tien," tulis Petty melali akun Twitter @petz09.



Pernyataan itu juga dibenarkan oleh akun milik Ferhat Muchtar. "Ibu Iriana tampilannya sederhana sewaktu pelantikan. Teringat gayanya Ibu Tien. Jawa klasik...," timpal dia di ‏@FerhatMuchtar.

Saat pelantikan Jokowi sebagai presiden 2014 pada 20 Oktober, Iriana mengenakan kebaya bermotif bunga warna oranye. Ia memadunya dengan selendang oranye dan kain berwarna coklat. Sementara rambutnya di sanggul sederhana ala Jawa.

Iriana mengaku memang sering mengenakan kebaya sehari-hari. Karena itulah, kebanyakan koleksi pakaiannya berupa kebaya.

"Lihat saja keseharian saya, kebaya," ucap Iriana di rumah dinas Gubernur DKI Jakarta, Minggu 19 Oktober.

Kebaya itu kebanyakan disandingkan dengan kain Solo. Dan jika mengenakan kain, maka rambut Iriana pun bakal disasak agar makin serasi. "Kalau saya pakai kain Solo, otomatis disasak. Lihat saja sasak saya nanti segini," ujar dia sambil menggerak-gerakkan tangannya ke atas kepala.

Iriana mengaku, ingin menjadi diri sendiri dalam berbusana. Dia tak ingin meniru-niru orang lain. Tak terpikir pula olehnya untuk menggunakan jasa konsultan busana meski dirinya sebentar lagi bakal menjabat status Ibu Negara.

"Saya mau jadi diri saya sendiri, pokoknya nyaman dan mencolok. Oh kae (itu) Bu Jokowi. Nanti saya malah bingung mikirin fashion terus. Gaweannya ora dipikir (pekerjaan tak dipikirkan)," tutur dia.

Toh tak memakai jasa konsultan pun, Iriana Jokowi mengklaim, tak pernah salah kostum. Ini karena dia selalu menyesuaikan acara dengan pakaian yang digunakannya. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Hj. Iriana atau juga dikenal dengan Ibu Iriana Joko Widodo adalah istri dari Presiden Indonesia ketujuh, Ir. H. Joko Widodo.
    Hj. Iriana atau juga dikenal dengan Ibu Iriana Joko Widodo adalah istri dari Presiden Indonesia ketujuh, Ir. H. Joko Widodo.

    Iriana Jokowi

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

Video Terkini