Sukses

Cuaca Terik Saat Syukuran Rakyat di Monas, 3 Warga Pingsan

Warga yang menghadiri acara Syukuran Rakyat menyambut pelantikan Jokowi-JK rata-rata mengeluh pusing dan dehidrasi.

Liputan6.com, Jakarta - Panggung hiburan Syukuran Rakyat pelantikan Jokowi-JK di Monas, Jakarta diisi dengan berbagai artis ibukota. Masyarakat langsung mendekat ke panggung-panggung hiburan yang ada.

Cuaca panas dan terik di Monas tak menyurutkan semangat warga untuk ikut menikmati musik sambil berjoget. Tapi ternyata, beberapa orang yang pingsan saat berada di kerumunan. Mereka lalu dibawa ke pos kesehatan.

"Sejauh ini ada 3 warga yang pingsan dan sudah ditangani," Ali Mahmud, kata salah seorang petugas kesehatan di Posko Dinas Kesehatan DKI yang berada di sisi timur panggung utama, Senin (20/10/2014).

Selain warga yang pingsan, petugas kesehatan juga menangani warga dengan keluhan-keluhan lain. Mereka rata-rata mengeluh pusing dan dehidrasi.

"Yang dehidrasi dan pusing ada 40 orang. Untuk itu dengan cuaca yang terik seperti sekarang, kami mengimbau warga untuk berteduh dan minum air mineral yang banyak," imbuh Ali.

Warga tidak perlu khawatir kalau tiba-tiba mengeluhkan sakit saat mengikuti rangkaian acara ini. Sedikitnya, 100 petugas dari 5 RSUD di seluruh DKI Jakarta disiagakan di setiap sudut Monas.

"Di Jakarta sudah ada 5 RSUD dan puluhan puskesmas. Semuanya dikerahkan," ungkap Ali.

Selain itu, beberapa ambulans juga disiagakan secara terpencar di berbagai sudut Monas. Ambulans disiapkan untuk mengantisipasi adanya warga yang menderita penyakit serius untuk dibawa ke rumah sakit terdekat. "Rumah sakit terdekat bisa RSPAD Gatot Subroto, bisa RS Tarakan," tandas Ali.

Pantauan Liputan6.com melalui alat pengukur suhu udara digital, suhu udara di sekitar Bundaran HI hingga Istana Merdeka mencapai 39 derajat Celcius.

Presiden Jokowi Widodo atau Jokowi rencananya ke Lapangan Monas sore ini. Jokowi akan menyampaikan pidato kerakyatan. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.