Sukses

4 Kuda Betina Siap Antar Jokowi ke Istana

Solekha, Srikandi, Aura dan Agustina sudah biasa ikut dalam pawai. Mereka dipilih demi keamanan Jokowi dan JK.

Liputan6.com, Jakarta - Kereta kencana yang akan mengantar Presiden dan Wakil Presiden Jokowi dan JK ke Istana Merdeka sudah disiapkan di  Bundaran Hotel Indonesia (HI). Beserta 28 delman untuk mengiringi arak-arakan pemimpin baru negeri ini.

Untuk menarik 2 kereta kencana, dikerahkan 4 kuda betina. Salah seorang kusir, Sunardi mengatakan, pihaknya sengaja memilih kuda betina lantaran sifat hewan tersebut lebih mudah dikendalikan dan lebih jinak dibanding yang berjenis kelamin jantan.

"Sengaja dipilih kuda betina karena kuda betina lebih mudah diatur dan nggak gampang marah. Kalau yang jantan sulit diatur. Suka marah-marah gitu," ujar Sunardi di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Senin, (20/10/2014).

‎Sunardi mengatakan, 4 kuda bernama Solekha, Srikandi, Aura dan Agustina itu sengaja dipilih untuk menarik kereta kencana Jokowi dan JK karena sebelumnya telah berpengalaman tampil dalam acara-acara kirab maupun pawai.

"Solekha, Srikandi, Aura dan Agustina adalah kuda yang terbaik. Mereka sering dipakai untuk pawai dan kirab di Solo maupun didaerah lain," kata dia.

Karena alasan tersebut, Sunardi mengaku tak khawatir, bila suasana kirab yang akan dipenuhi lautan manusia membuat kuda tersebut stres dan bisa membahayakan Jokowi-JK beserta istrinya.  "‎Jadi suara sekeras apa pun mereka sudah terbiasa, tetap tenang," ujarnya.

‎Ia mengatakan, keempat kuda betina tersebut merupakan kuda-kuda terbaik dari masing-masing jenisnya. Karena itu, selama berjalannya kirab, ia berani menjamin keselamatan Jokowi-JK beserta Ibu Negara.

"Keselamatan Pak Jokowi, Pak JK dan kedua istrinya menjadi sangat penting bagi kami. Makanya kami pilih kuda yang sudah terbiasa dipakai untuk kegiatan seperti ini," ucap Sunardi. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.