Sukses

Pelantikan Presiden 2014, Jokowi Ajak Pedagang Bakso Kerja Keras

"Karena inilah momen sejarah bagi kita semua untuk bergerak bersama, untuk bekerja, bekerja, dan bekerja," kata Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato perdananya usai dilantik di Gedung MPR/DPR, Jakarta. Dalam pidatonya, dia meminta rakyat Indonesia untuk bekerja keras dan gotong-royong membangun bangsa.

"Saya yakin lembaga negara akan berwibawa dan kuat bila bekerja memanggul mandat yang diberikan konstitusi kita. Kepada para nelayan, buruh petani, pedagang bakso, pedangang asongan, sopir, akademisi, guru, TNI, Polri, pengusaha, dan kalangan profesional untuk bekerja keras, bahu-membahu, dan gotong-royong," ujar Jokowi dalam pidato usai pelantikan, di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Senin (20/10/2014).

"Karena inilah momen sejarah bagi kita semua untuk bergerak bersama, untuk bekerja, bekerja, dan bekerja," imbuh Jokowi.

Dalam pidatonya, Jokowi juga mengingatkan bahwa sebagai bangsa, Indonesia punya martabat dan harga diri. "Kita ingin jadi bangsa yang mengusung peradaban sendiri," kata Jokowi.

Salah satu caranya adalah dengan mengembalikan Indonesia sebagai negara maritim. "Samudera, laut, selat, dan teluk adalah masa depan peradaban kita," tegas Presiden Jokowi. "Kita telah terlalu lama memunggungi laut, memunggungi samudera, selat, dan teluk."

Menurut Jokowi, ini adalah momentum bagi Indonesia untuk mengembalikan kejayaan di laut dan samudera. "Sehingga 'jalesveva jayamahe', di laut kita jaya, sebagai semboyan nenek moyang kita di masa lalu kembali membahana." (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.