Sukses

Jelang Pelantikan Jokowi-JK, Polda Tetapkan DIY Siaga I

Dengan status ini Polda DIY akan mengerahkan 2/3 personel di DIY untuk pengamanan daerah jelang pelantikan Jokowi-JK.

Liputan6.com, Yogyakarta - Menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-JK pada Senin 20 Oktober 2014 mendatang, Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DlY) meningkatkan pengamanan khususnya di malam hari.

Kabid Humas Polda DIY Anny Pudjiastuti mengatakan saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-JK, pihaknya menetapkan status Siaga I mulai hari ini. Dengan status ini Polda DIY akan mengerahkan 2/3 personel di DIY untuk pengamanan daerah.

"Kita tadi malam tetapkan status Siaga I. Dalam rangka pelantikan presiden. 2/3 Personel itu 7 ribu kekuatan sesuai dengan Operasi Mantap Brata saat ini. 1/3 Pelayanan masyarakat," ujar Anny kepada Liputan6.com di Yogyakarta, Sabtu (18/10/2014).

Anny menjelaskan patroli malam hari lebih ditingkatkan pasalnya selain karena mendekati pelantikan Jokowi, saat ini di Yogyakarta muncul isu yang mengganggu keamanan masyarakat. Seperti isu sekelompok masyarakat yang melakukan penganiayaan dengan motif yang tidak jelas di beberapa jalan di DIY.

"Patroli malam hari, patroli lebih lebih ditingkatkan karena banyak isu dan belum jelas aktanya di masyarakat. Ini antisipasi saja," ujar Anny.

Polda DIY juga akan melakukan pengawasan di objek vital lainnya seperti perkantoran, mal, dan tempat wisata. Namun pengamanan juga dilakukan di tempat lain yang berpotensi terjadinya gangguan keamanan jelang pelantikan Jokowi-JK.

Pelantikan Jokowi-JK sebagai presiden dan wakil presiden 2014-2019 akan digelar pada Senin 20 Oktober 2014. Sejumlah kepala negara di dunia menyatakan kesediaannya untuk hadir pada acara penting tersebut. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini