Sukses

Sudirman-Thamrin Bebas Kendaraan Saat Arak-arakan Jokowi-JK

Polri membuka kemungkinan memberlakukan bebas kendaraan di Jalan Sudirman dan MH Thamrin saat arak-arakan usai pelantikan Jokowi-JK.

Liputan6.com, Jakarta - Polri kemungkinan akan memberlakukan bebas kendaraan (car free day) di Jalan Sudirman dan MH Thamrin saat perayaan dan arak-arakan usai acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) pada Senin 20 Oktober.

Menurut Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Ronny F Sompie, pola itu akan dilakukan bila kendaraan yang hendak menyaksikan arak-arakan sudah sangat banyak atau membludak.

"Kalau cukup banyak dan tidak memungkinkan kendaraan masuk (di ruas jalan Sudirman-Thamrin) kita terapkan itu, seperti car free day," ujar Ronny di Jakarta, Jumat (17/10/2014).

Namun, kata Ronny, penutupan jalan itu masih melihat kondisi di lapangan. "Tapi itu situasional lah. Kalau massa banyak, mobil malah macet dan tidak bisa jalan. Kita lihat situasi," ucap dia.

Ronny memastikan bila penutupan ruas jalan diberlakukan, maka tak akan mengganggu para pekerja kantoran yang berada di Jalan Sudirman hingga Thamrin dan sekitarnya.

"Ya seperti biasa saja. Tidak diganggu, apalagi pagi hari tidak ada. (kegiatan arak-arakan). Itu kan siang setelah DPR-MPR," cetus Ronny.

Sementara, untuk personel yang akan menjaga arak-arakan Jokowi-JK serta pesta rakyat, dia mengatakan kepolisian telah membagi tugas. Jika memang diharuskan, personel kepolisian yang selesai bertugas di tempat lain bisa dimintakan bantuan.

"Nanti begitu sudah selesai MPR-DPR dipindahkan jika memang masyarakat banyak. Anggota sudah ada di sini. Cuma kita lihat situasinya. Sehingga masyarakatnya lebih nyaman dan merasa aman," tandas Ronny. (Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.