Sukses

Seluruh Koridor Transjakarta Segera Terapkan E-Ticketing

Seluruh koridor bus Transjakarta pada November dan Desember mendatang akan menerapkan penggunakan kartu elektronik atau e-ticketing.

Liputan6.com, Jakarta Seluruh koridor bus Transjakarta pada bulan November dan Desember mendatang akan menerapkan penggunakan kartu elektronik atau e-ticketing. Hal itu dilaksanakan setelah Unit Pengelola Transjakarta melakukan uji coba program e-ticketing untuk para pengguna bus Transjakarta di Koridor 1 (Blok M-Jakarta Kota).

Menurut Kepala Unit Pengelola Tranjakarta Pargaulan Butar-Butar, penerapan e-ticketing di beberapa koridor tersebur dilakukan secara bertahap. Tahap pertama dilakukan di Koridor 8 (Lebak Bulus-Harmoni) dan Koridor 9 (Pluit-Pinang Ranti).

"Kami mulai mewajibkan penumpang bus Transjakarta menggunakan e-ticketing di Koridor 8 dan 9 pada tanggal 1 November 2014 mendatang," jelas dia saat dihubungi di Balaikota Jakarta, Jumat (17/10/2014).

Selanjutnya, di Koridor 2 (Pulogadung-Harmoni) dan Koridor 3 (Harmoni-Kalideres) pada 15 November 2014. Lalu, 29 November 2014, e-ticketing akan diberlakukan di Koridor 5 (Ancol-Kampung Melayu) dan Koridor 7 (Kampung Melayu-Kampung Rambutan).

"Sehingga, diharapkan masyarakat bisa beralih menggunakan e-ticketing dalam pembayaran dibandingkan dengan tiket kertas," tutur Pargaulan.

Pada 13 Desember penerapan dilaksanakan di Koridor 10 (Tanjung Priok-Cililitan), Koridor 11 (Kampung Melayu-Pulogebang) dan Koridor 12 (Pluit-Tanjung Priok).

Sementara, itu untuk Koridor 4 (Dukuh Atas-Pulogadung) dan Koridor 6 (Ragunan-Dukuh Atas) belum bisa dilakukan sistem pembayaran e-ticketing karena masih terkendala oleh sengketa hukum antara Bank DKI dan pihak ketiga.

"Masih proses di pengadilan antara Bank DKI dan vendor. Untuk BLU Transjakarta saat ini masih menunggu keputusan hukum," jelas Pargaulan. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini