Sukses

SBY: TNI dan Polri, Laksanakan Tugas dari Presiden Baru

Bersilaturahmi dengan prajurit TNI dan Polri, Presiden SBY menyampaikan pesan dan doa. Tak lupa ucapan terima kasih.

Liputan6.com, Magelang Bersilaturahmi dengan prajurit TNI dan Polri, Presiden SBY menyampaikan pesan dan doa. Tak lupa ucapan terima kasih.

"Saya, meskipun tak lagi jadi presiden, akan tetap berbakti kepada bangsa. Kepada TNI/Polri, laksanakan tugas yang diberikan presiden dan pemerintah baru. Saya doakan agar kalian semua tetap berjaya. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melindungi kita semua," kata SBY.

SBY selaku Panglima Tertinggi TNI pamit kepada jajaran TNI dan Polri. Turut hadir prajurit TNI dan Polri, serta taruna dari Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Udara (AAU), dan Akademi Angkatan Laut (AAL) di Akmil, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (17/10/2014).

SBY berterima kasih atas gelar acara di akademi yang pernah membesarkannya ini. SBY adalah alumnus Akmil tahun 1973, yang kemudian dicatat oleh sejarah menjadi Presiden RI untuk 2 periode dalam pemilihan langsung pertama dalam sejarah Indonesia.

"Terima kasih semua. Besar harapan saya kepada TNI dan Polri untuk tetap berjaya sepanjang masa," ucap SBY seperti dilansir Presidenri.go.id.

Menurut SBY, rakyat telah menyaksikan TNI kini makin kuat. SBY meminta agar para prajurit terus meningkatkan kemampuan, profesionalitas, dan kesiapsiagaan di mana pun bertugas. Prajurit TNI harus bisa memelihara dan menjaga kehormatan korps, memegang teguh amanah Sapta Marga. TNI juga harus siap 24 jam mengemban tugas tanggap darurat bencana.

"Itu juga operasi militer selain peran, seperti operasi insurgensi dan mengatasi terorisme. Menghadapi terorisme juga tugas TNI, demikian juga apabila ada gangguan di dalam negeri yang mengancam keamanan publik yang kepolisian kita tidak bisa melaksanakan sendiri, TNI harusnya memberikan bantuan," kata SBY.

Agar tugas-tugas itu dapat dicapai, lanjut SBY, pemerintah telah meningkatkan postur, kemampuan, dan alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI. Begitu juga dengan pendidikan, pelatihan, logistik, anggaran ditingkatkan, dan infrastruktur.

"Yang jelas NKRI tetap tegak berdiri sepanjang masa. Yang jelas TNI harus kuat, yang jelas Polri harus kuat. Agar kuat, kekuatannya harus ditingkatkan dan dilakukan modernisasi, serta berlatih dan melaksanakan pendidikan dengan sebaik-baiknya," pesan SBY. (Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.
    Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.

    TNI

  • SBY

  • Polri

Video Terkini