Sukses

Jokowi: Hari Ini Saya Bukan Gubernur DKI Jakarta Lagi

Jokowi menegaskan sudah tak lagi menjabat Gubernur DKI Jakarta setelah keppres pemberhentian dirinya diterima tadi pagi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa saat ini dirinya sudah resmi mundur dari kursi Gubernur DKI Jakarta. Sebab, keputusan presiden (Keppres) pemberhentian dirinya telah ia terima di kediaman dinas Gubenur DKI, Jalan Suropati Nomor 7, Menteng, Jakarta Pusat, tadi pagi.

Hal itu disampaikan Jokowi di hadapan 9 ribu perangkat dari RT dan RW serta sejumlah jajaran dan pejabat Pemprov DKI di Istora Senayan, Jakarta Pusat.

"Sebetulnya pada hari ini saya sudah bukan Gubernur Jakarta lagi. Karena pagi tadi surat dengan tanda tangan Presiden sudah ada," ungkap Jokowi dalam acara Silaturahmi Gubernur dengan Pengurus dan Anggota Lembaga Kemasyarakatan, Kamis (16/10/2014).

Namun, ia menegaskan agar warga DKI tetap yakin dan percaya bahwa Jakarta merupakan bagian penting dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Oleh sebab itu, persoalan yang terjadi di Jakarta sebagai ibukota negara juga merupakan tanggung jawab Presiden RI.

"Saya yakini dengan gubernur baru, Bapak Basuki, nantinya dengan didukung pemerintah pusat, kecepatan pembangunan di DKI akan lebih cepat lagi," ucap Jokowi.

Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Dody Riyadmadji mengatakan rekomendasi pengunduran diri Jokowi sebagai gubernur oleh DPRD DKI Jakarta tinggal menunggu pengesahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Begitu keppres keluar, Jokowi resmi menanggalkan statusnya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Berdasarkan informasi dari Sekretariat Negara, keppres terkait pengunduran diri Jokowi itu akan keluar pada Kamis 16 Oktober 2014. "Berita dari Setneg (Sekretariat Negara) kemungkinan besok akan turun keppres-nya," kata Dody di Jakarta, Rabu kemarin.

Dia menjelaskan, dengan dikeluarkannya keppres tersebut, maka status Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta pun resmi dicabut. "Keppres itu artinya pengesahan mundur Jokowi. Kalau besok sudah turun, Pak Jokowi resmi mundur dari gubernur," tutur Dody. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.