Sukses

Pansel KPK Serahkan Nama Busyro dan Roby Arya Brata ke SBY

Busyro Muqoddas dan Roby Arya Brata lolos menjadi capim KPK setelah melewati tes wawancara.

Liputan6.com, Jakarta - Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel KPK) menyerahkan 2 nama calon pimpinan KPK hasil seleksi ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Kepresidenan‎ hari ini.

"Jadi yang terpilih 2 nama yaitu Busyro Muqoddas dan Roby Arya Brata," kata Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK Amir Syamsuddin‎ di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (16/10/2014).

Amir menjelaskan, 2 nama itu terpilih dari total awal peserta yang mendaftar sebagai Ketua KPK periode 4 tahun yaitu 104 orang. Dari jumlah tersebut yang dinyatakan lulus administrasi sebanyak 64 orang.

Sementara proses selanjutnya adalah proses seleksi yang melalui pembuatan makalah dengan tema yang ditentukan oleh panitia seleksi yang ditunjuk Presiden.

"Dari 64 itu yang hadir dan menyatakan makalahnya hanya 59 orang, sedangkan yang 5 tidak hadir," tegas dia.

Adapun dari ‎59 orang tersebut tersaring dalam 2 tahap dengan awalnya terpilih menjadi 11 peserta kemudian mejadi 6 peserta. Dari 6 peserta tersebut lalu dilakukan tes wawancara untuk pada akhirnya terpilih 2 nama.

Rencananya setelah diserahkan ke SBY dan untuk ditandatangani, selanjutnya Presiden akan menyerahkannya ke DPR untuk kemudian dilakukan fit and proper test.

Busyro Muqqodas merupakan Wakil Ketua KPK Bidang Penindakan, sedangkan Roby Arya Brata adalah Kepala Bidang Hubungan Internasional Sekretariat Kabine.

Penyerahan 2 nama capim seharusnya dilakukan pada Senin 13 Oktober silam, namun batal karena terbentur padatnya jadwal SBY. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini