Sukses

Malaysia Bekuk 13 Terduga Anggota ISIS Termasuk Wanita

Para milisi di Malaysia diketahui menggunakan Facebook dan media sosial lainnya untuk merekrut anggota baru ISIS.

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Malaysia menangkap 13 terduga anggota kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Mereka diduga segera menuju Suriah untuk bertempur.

Menurut laporan Daily Star, Rabu (15/10/2014), ketiga belas orang tersebut ditangkap aparat Malaysia di beberapa lokasi di Shah Alam, termasuk sebuah restoran yang terletak di kawasan pinggiran Ibukota Kuala Lumpur, pada Selasa 14 Oktober kemarin.

"Kami belum menelusuri rumah mereka. Saat ini kami dalam proses investigasi," ujar Deputi Kepala Divisi Kontra-Terorisme Malaysia, Ayub Khan Mydin kepada Reuters.

Malaysia sejauh ini telah menangkap 36 orang di wilayah mereka sejak April 2014. Otoritas negeri jiran meyakini ada 30 warga negara mereka yang telah berada di Irak dan Suriah untuk berperang bersama anggota ISIS lainnya.

Pada Juni lalu, Kementerian Luar Negeri Malaysia mengatakan ada 15 warga negara Malaysia yang tewas karena bertempur di Suriah.

Para milisi di Malaysia diketahui menggunakan Facebook dan media sosial lainnya untuk merekrut anggota baru. Sebelumnya dilaporkan ada empat keluarga di Malaysia yang pergi ke Suriah.

Ada juga seorang dokter dari Malaysia yang menuliskan kisahnya menjadi istri seorang anggota ISIS. Unggahan cerita tersebut langsung menggemparkan negeri jiran.

Kepala Kepolisian Malaysia Jenderal Tan Sri Khalid Abu Bakar menegaskan pihaknya akan terus memantau pergerakan kelompok mencurigakan di negaranya.

"Kami akan terus memonitor apapun gerak-gerik mencurigakan. Terorisme tak punya tempat di negeri ini," cetus Khalid, seperti dikutip dari Straits Times. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini