Sukses

Video Sekelompok Pendukung ISIS Merusak Fasilitas Kampus di Turki

Aksi tersebut diduga akibat sakit hati terhadap sejumlah mahasiswa yang menolak menurunkan poster anti-ISIS yang dipasangnya di aula kampus.

Liputan6.com, Istanbul - Sebuah video amatir merekam detik-detik menegangkan yang terjadi di dalam Univeristas Istanbul, Turki. Sejumlah pemuda berpenutup wajah yang mengklaim dirinya sebagai pendukung kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) menerobos masuk ke dalam kampus.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (14/10/2014), para pendukung kelompok radikal itu pun melakukan perusakan terhadap sejumlah fasilitas kampus.

Aksi ini diduga dilatarbelakangi rasa sakit hati terhadap beberapa mahasiswa Univeristas Istanbul yang memasang poster anti-ISIS di aula utama fakultas sastra dan menolak menurunkannya.

Sebelumnya ribuan orang Kurdi yang berada di Turki turun ke jalan dan melakukan long march untuk mendesak pemerintah ambil tindakan membantu warga Kobani, Suriah yang dikepung ISIS. Namun aksi tersebut berlangsung rusuh.

Para demonstran bertindak anarkis. Polisi pun terpaksa melawan. Bahkan tentara dan tank diturunkan untuk meredam kerusuhan. Akibat peristiwa tersebut, sedikitnya 31 orang tewas dan 360 lainnya terluka dalam protes besar di Turki. (Rmn)

Baca juga:

WNI Anggota ISIS Dilaporkan Jadi Bomber Bunuh Diri di Irak

Ajaib! 3 Hari Tertimpa Jasad Ayah, Bayi 11 Bulan Selamat

Situs Sekte Pemujaan 'Dewa Badai' Ditemukan di Israel

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.