Sukses

Ahok Prediksi Pengesahan APBD DKI Jakarta 2015 Molor

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahok memprediksi pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) DKI 2015 bakal molor.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahok memprediksi pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) DKI 2015 bakal molor. Ahok pun mengusulkan kebijakan umum anggaran prioritas dan plafon anggaran sementara (KUAPPAS) kepada DPRD DKI Jakarta.

"Perangkat DPRD kan kemarin belum siap. Bisa-bisa APBD terhambat dan terlambat sebu‎lan lagi ini (karena DPRD harus membentuk kelengkapan)," kata pemilik nama Basuki Tjahaja Purnama itu, di Balaikota, Senin (13/10/2014).

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah mengatakan, KUAPPAS besar dananya mencapai Rp 76,98 triliun. Jumlah ini meningkat sekitar Rp 4 triliun dari APBD Perubahan 2014 sebesar Rp 72,9 triliun.

"Sejak bulan Juni, anggarannya sudah kami sampaikan ke dewan. Namun, karena adanya pergantian anggota dewan, jadi telat. Pertengahan bulan ini harus dibahas kembali dan Januari tahun depan targetnya sudah diketok palu (pengesahan APBD)," terang Saefullah.

Dana KUAPPAS akan disalurkan dalam 3 prioritas utama untuk pembenahan Ibukota, yakni transportasi, penanganan banjir, serta pendidikan.

Transportasi diusulkan alokasi anggaran sebesar Rp 8,6 triliun, untuk pengadaan bus sedang dan Transjakarta, pembebasan lahan di Fatmawati untuk proyek mass rapid transit (MRT), dan pembebasan lahan untuk enam ruas tol dalam kota senilai Rp 3 triliun.

Kemudian untuk normalisasi waduk dan kali sebagai program penanggulangan banjir, DKI bakal mengalokasikan anggaran sebesar Rp 3 triliun pada APBD 2015. Dalam bidang pendidikan, DKI bakal mengalokasikan anggaran Rp 5,7 triliun untuk Biaya Operasional Pendidikan (BOP), Kartu Jakarta Pintar (KJP), dan pembangunan infrastruktur sekolah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini