Sukses

AS Janji Kucurkan US$ 212 Juta Bantu Rekonstruksi Gaza

Tak hanya AS, sejumlah negara seperti Qatar dan Turki juga berjanji turut kucurkan dana untuk Palestina.

Liputan6.com, Kairo - Sejumlah negara berikrar menyumbangkan US$ 5,4 miliar (Rp 65,9 triliun) untuk Palestina dalam sebuah konferensi internasional di Kairo, Mesir, Minggu 12 Oktober 2014.

Jumlah yang diumumkan Menteri Luar Negeri Norwegia Borge Brende tersebut melampaui US$ 4 miliar yang diminta Otoritas Palestina.

Setengah dari US$ 5,4 miliar yang dikumpulkan, menurut Brende, akan dialokasikan untuk rekonstruksi di Gaza. Namun, dia tidak menyebutkan secara rinci ke mana sisa dana akan disalurkan.

"Ini merupakan sebuah terobosan besar, sinyal penting solidaritas bagi rakyat Palestina secara umum dan orang-orang yang sangat menderita di Gaza secara khusus," ujar Brende seperti dikutip dari BBC, Senin (13/10/2014).

Dalam konferensi yang khusus digelar guna menggalang dana untuk Palestina itu, Qatar berjanji akan menggelontorkan US$ 1 miliar (Rp 12,2 triliun).

Amerika Serikat berikrar mengucurkan US$ 212 juta (Rp 2,5 triliun) dalam bentuk bantuan baru, sedangkan Uni Emirat Arab dan Turki sama-sama menyumbangkan US$ 200 juta (Rp 2,4 triliun).

Adapun Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Catherine Ashton mengatakan bahwa sumbangan dari negara-negara anggota Uni Eropa mencapai US$ 568 juta (Rp 6,9 triliun).

Infrastruktur Jalur Gaza sebagian besar hancur selama konflik 7 pekan yang berakhir melalui gencatan senjata pada 26 Agustus lalu. Menurut PBB, konflik itu menewaskan lebih dari 2.100 orang Palestina, 67 prajurit Israel, dan 2 warga sipil Israel. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.