Sukses

Polemik 'Gaya Pacaran Sehat'

Gaya pacaran sehat, merupakan salah satu materi yang akan ditemui guru maupun siswa di halaman 129 buku paket pendidikan jasmani olahraga.

Liputan6.com, Jakarta - Gaya pacaran sehat, ini merupakan salah satu materi yang akan ditemui guru maupun anak murid di halaman 129 buku paket pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kelas XI (2 SMA) kurikulum 2013.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (11/10/2014), materi ini mengajarkan sejumlah poin tentang gaya pacaran sehat ditinjau dari fisik, sosial, dan seksual.

Namun sayang, gambar karikatur seorang gadis berjilbab dan pria berkopiah membuat materi ajar ini mengundang polemik karena agama Islam tidak mengenal pacaran.

Penelusuran dari tim Liputan 6 SCTV mendapatkan materi ajar pacaran sehat justru muncul dalam buku terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), bukan terbitan swasta.

Untuk itu, salah satu sekolah Islam terpadu di wilayah Jakarta Timur menyeleksi ketat isi buku yang akan digunakan sebagai buku paket belajar-mengajar.

Protes pun datang dari siswa-siswi yang merasa janggal dengan materi gaya pacaran sehat. Mereka mengusulkan bila ada bimbingan bagi remaja, sebaiknya dikemas dalam bentuk seminar bukan dalam buku pelajaran.

Hingga kini, pusat kurikulum Kemendikbud belum angkat bicara. Bagi para orangtua alangkah baiknya menjaga anak dengan meneliti ulang isi buku pelajaran mereka.

Baca Juga:

Kontroversi Buku Makam Wali Berhala

Buku Kurikulum 2013 Langka di Sekolah NTB, Tapi Dijual di Pasar

Buku Paket Belum Datang, Guru SD di Garut Berimprovisasi

(Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.