Sukses

Ahok Pamer Keunggulan CCTV Jenis Baru di Balaikota

Balaikota DKI memiliki kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV) jenis baru.

Liputan6.com, Jakarta - Balaikota DKI memiliki kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV) jenis baru. ‎Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahok pun memuji-muji CCTV berteknologi baru itu.

Ia mengatakan, CCTV baru yang terpasang di berbagai sudut Gedung Balaikota Jakarta itu memiliki banyak keunggulan. Kamera tersebut berukuran lebih besar dari yang model lama dengan berat 400 gram. Salah satu keunggulannya, kamera itu terus berputar mengikuti pergerakan manusia.

"Ini (CCTV) lebih baik dibandingkan dengan (CCTV) yang lama. Kalau CCTV lama yang kecil kan tidak bisa di-zoom sampai muka, nah yang CCTV baru ini bisa di-zoom mukanya sampai jerawat kelihatan," kata pemilik nama Basuki Tjahaja Purnama itu sambil tertawa di Balaikota Jakarta, Kamis (9/10/2014).

Beberapa CCTV model baru tersebut terpasang di Ballroom atau Balairung Balaikota, ruang tamu depan ruang kerja Basuki di lantai 2, ruang tamu Gubernur, dan Balai Agung. Ahok mengatakan Pemrov berencana membeli sebanyak 3.000 CCTV jenis yang sama untuk disebar di seluruh ruas jalan ibu kota sehingga memudahkan pengawasan.

Tak hanya mampu memperbesar objek (zoom), kamera pengawas itu nantinya bahkan bisa mengidentifikasi pelaku kejahatan. Saat ini, Pemprov DKI sedang mencari operator atau provider yang bisa menyediakan spesifikasi CCTV dengan menggunakan teknologi 4G. ‎

"Nanti kami bisa mendeteksi, jika tertangkap ada (penjahat) dan kami cocokkan dengan identitasnya (KTP). Saya bisa tahu kamu itu terdaftar di atau tidak, bisa identifikasi sampai seperti itu, membantu polisi juga untuk merekam pelat nomor kendaraan yang melanggar lalu lintas," kata Ahok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini