Sukses

Fadli Zon: Pemilihan Ketua Komisi di DPR Melalui Sistem Paket

Fadli Zon mengatakan, wacana penambahan atau pemekaran komisi di DPR harus dikaji matang.

Liputan6.com, Jakarta - Pemilihan ketua-ketua komisi di DPR periode 2014-2019 akan ditentukan melalui sistem paket.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan, dalam mekanisme pemilihan, nanti akan ada pihak dari komisi yang bersangkutan untuk mengajukan paket calon pimpinan komisi.

"Ada paket yang akan diajukan setiap komisi," kata Fadli Zon di Gedung DPR, Kamis (9/10/2014).

Selain itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini juga mengatakan, memang ada wacana bahwa komisi-komisi di DPR akan dimekarkan untuk mengefisiensi mitra kerja.

Dia mengatakan, DPR tidak akan tergesa-gesa menindaklanjuti wacana penambahan atau pemekaran komisi tersebut. Ini karena harus dikaji secara matang terlebih dulu.

"Itu wacana dari sejumlah anggota DPR lama yang merasakan ada sejumlah komisi yang mitra kerjanya terlalu banyak, sehingga tak maksimal. Tapi ini masih wacana, kita akan pelajari dulu," tandas Fadli.

Sementara menurut Ketua Fraksi PKS di DPR Hidayat Nur Wahid, pemekaran komisi di DPR saat ini baru sebatas wacana. Hal tersebut masih menjadi kajian terkait alat kelengkapan dewan (AKD).

Bagi Fraksi PKS, pembahasan pemekaran komisi sebaiknya dilakukan setelah postur kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) telah diumumkan.

"Iya, lebih bagus, Pak Jokowi dan kementerian ada, baru penggabungan untuk komisi agar efektif menyesuaikan itu semua," kata Hidayat di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 8 Oktober 2014. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini