Sukses

Yuk, Lihat Gerhana Bulan di Alun-Alun Utara Yogya Malam Ini

Gerhana bulan total yang membuat penampakan satelit bumi tersebut semerah darah atau disebut juga 'blood moon' akan terjadi malam ini.

Liputan6.com, Yogyakarta - Gerhana bulan total yang membuat penampakan satelit bumi tersebut semerah darah atau disebut juga 'blood moon' akan terjadi malam ini. Salah satu tempat yang akan menjadi lokasi pengamatan adalah di Alun-alun Utara Yogyakarta.

Tim Inti Forum Astronom Amatir Indonesia Ghifari Yusuf mengundang seluruh civitas akademik serta masyarakat kota Yogyakarta dan sekitarnya untuk melihat gerhana bulan total di Alun-Alun Utara. Pengamatan dilaksanakan mulai pukul 17.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

"Kita undang masyarakat ke Alun-Alun Utara untuk melihat peristiwa alam baik secara langsung ataupun dengan alat," ujar Ghifari kepada Liputan6.com Rabu (8/10/2014).

Ghifari mengatakan, dalam pengamatan gerhana bulan total, akan disediakan 4 teleskop yang dapat diakses gratis oleh masyarakat untuk melihat fenomena alam ini. Disediakan pula miniposter gerhana bulan total sebagai salah satu merchandise untuk pengunjung.

"Kita ada alatnya. Dan kita juga sebar brosur tentang fenomena alam ini. Kita edukasi masyarakat bahwa ini peristiwa alam dan tidak ada lainnya," ujarnya.

Dia memilih Alun-Alun Utara karena wilayah tersebut cukup luas untuk melihat langsung proses alam hari ini. Selain itu Alun-Alun Utara sebagai tempat yang paling banyak dikunjungi masyarakat di Yogyakarta. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini