Sukses

Niat Gabung ISIS, Pemuda Muslim Jepang Dibekuk

"Mahasiswa tersebut mengatakan kepada polisi ia merencanakan untuk bertolak ke Suriah untuk bergabung dengan para petempur ISIS".

Liputan6.com, Tokyo - Polisi Jepang menangkap seorang pemuda muslim yang dicurigai mencoba bergabung dengan kelompok yang menamakan diri mereka ISIS. Mereka pun kemudian melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Pria berusia 26 tahun dari Universitas Hokkaido itu, dilaporkan merencanakan untuk terbang ke Timur Tengah pekan ini," demikian diberitakan media Jepang seperti dikutip dari BBC, Rabu (8/10/2014).

"Mahasiswa tersebut mengatakan kepada polisi ia merencanakan untuk bertolak ke Suriah untuk bergabung dengan para petempur ISIS," demikian dilaporkan Mainichi Shimbun.

Rencana mahasiswa itu bermula saat ia melihat iklan pekerjaan yang dipasang di toko buku bekas di Tokyo. Poster yang ditayangkan di NHK itu, mengarahkan orang yang tertarik bekerja di Suriah untuk bertanya ke penjaga toko.

Dilaporkan, ratusan anak muda bertolak dari Eropa dan Amerika Utara untuk bergabung dengan ISIS, namun mahasiswa ini diperkirakan pria Jepang pertama yang ingin ke Suriah.

Sementara itu harian Yomiuri Shimbun melaporkan para detektif juga tengah menyelidiki siapa yang memasang iklan itu dan kaitan antara pemilik toko dan pembuat poster.

Kantor berita Kyodo menyebutkan berdasarkan hukum Jepang, merupakan hal yang ilegal bagi siapa pun untuk merencanakan atau mempersiapkan "perang terhadap negara asing dalam kapasitas pribadi."

Mereka yang melanggar aturan karena hendak bergabung dengan kelompok teroris -- dalam kasus ini ISIS -- terancam dikenai ancaman hukuman maksimum lima tahun penjara. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.

    Jepang

  • ISIS

Video Terkini