Sukses

KPK Awasi Proyek Pembangunan Pasar Turi Surabaya

KPK telah menerjunkan langsung tim ke lokasi yang pernah mengalami kebakaran hebat 2012 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara KPK Johan Budi tidak membantah bahwa lembaganya saat ini sedang mengawasi proyek pembangunan Pasar Turi Baru di Surabaya, Jawa Timur. Bahkan, KPK telah menerjunkan langsung tim ke lokasi yang pernah mengalami kebakaran hebat 2012 lalu.

"Benar, minggu lalu sudah ada tim yang ke sana (Pasar Turi Surabaya)," ujar Johan Budi di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (7/10/2014).

Menurut Johan, lembaganya memantau pembangunan proyek senilai Rp 1,4 triliun tersebut berdasarkan laporan masyarakat yang mengadukan adanya indikasi terjadinya tindak pidana korupsi.

"Tim ke sana waktu itu untuk mencari dan meminta informasi. Saat ini kasusnya masih di Dumas (pengaduan masyarakat) dan sudah melalui proses telaah," kata Johan.

Berdasarkan informasi yang berkembang, proyek pembangunan Pasar Turi Baru bernilai Rp 1,4 triliun. Uang dalam jumlah fantastis tersebut merupakan pungutan dari pedagang untuk pelunasan stan oleh investor PT Gala Bumi Perkasa.

Terkait perkara itu, Walikota Surabaya Tri Rismaharini juga mengaku bahwa pihaknya telah menggandeng KPK untuk membantu memantau jalannya proyek. Risma juga mengaku pernah menjelaskan ke KPK soal proyek itu. Seperti mengenai sengketa tanah dan gedung di lokasi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini