Sukses

Janji Jokowi untuk Prajurit pada HUT ke-69 TNI

Jokowi bertekad meningkatkan pencapaian yang sudah diraih TNI saat ini. Terlebih, kalau pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin membaik.

Liputan6.com, Surabaya - Presiden terpilih Joko Widodo dan wakilnya Jusuf Kalla (Jokowi-JK) menghadiri upacara perayaan HUT ke-69 TNI di Dermaga Ujung, Pangkalan Komando Armada Timur, Surabaya, Jawa Timur. Jokowi berjanji akan melanjutkan dan meningkatkan apa yang sudah dibuat oleh pemerintahan SBY dalam 10 tahun terakhir.

Jokowi duduk di belakang SBY yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Tepat di sebelah Jokowi ada Jusuf Kalla dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva.

Mereka juga sempat memerhatikan aksi dari seluruh prajurit dengan alutsista yang dimiliki Indonesia. Termasuk barisan alutsista terbaru yang melintas saat defile.

Usai menghadiri upacara, Jokowi bertekad akan meningkatkan pencapaian yang sudah diraih TNI saat ini. Terlebih, kalau pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin membaik.

"Sudah saya sampaikan berkali-kali kalau ekonomi baik, di atas 7%, itu anggaran TNI bisa diperjuangkan 2 sampai 3 kali lipat. Itu juga kesejahteraan prajurit jangan dilupakan, ditingkatkan," kata Jokowi mengenakan jas hitam dengan kemeja putih dan dasi merah, Selasa (7/10/2014).

Jokowi menilai, TNI merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Indonesia. Tak hanya untuk pertahanan negara, TNI juga merupakan pilar pemersatu bangsa.

"Ingin kami sampaikan bahwa TNI itu pilar pemersatu bangsa kalau kita lihat tadi defile, semua alutsista dikeluarkan itu menjadi kebanggaan kita semua sebagai bangsa juga rakyat pasti bangsa," imbuh Jokowi.

Karena itu, profesionalisme TNI harus juga ditingkatkan. Belum lagi, soal peningkatan dan modernisasi alutsista yang harus juga dilanjutkan.

"Profesionalisme TNI terus kita tingkatkan denga juga modernisasi peralatan-peralatan saya kira kita harus konsisten terus," kata Jokowi. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.
    Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.

    TNI

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • HUT TNI

Video Terkini