Sukses

'Tanda Cinta' dari Jupiter Aerobatic Team untuk SBY

Seluruh alat utama sistem pertahanan (alutsista) ditampilkan pada acara puncak HUT ke-69 TNI di Surabaya. Termasuk yang unik ini.

Liputan6.com, Surabaya - Seluruh alat utama sistem pertahanan (alutsista) ditampilkan pada acara puncak HUT ke-69 TNI di Dermaga Ujung, Pangkalan Komando Armada Timur, Surabaya, Jawa Timur. Salah satu yang istimewa dan unik adalah saat Jupiter Aerobatic Team bermanuver membentuk hati.

Jupiter memang sudah dikenal di berbagai penjuru dunia sebagai tim akrobatik andalan Indonesia. Tim Jupiter juga sudah meraih sejumlah gelar juara di berbagai ajang internasional.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (7/10/2014), Jupiter mengawali aksinya dengan bermanuver terbang rendah di depan podium kehormatan tempat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berdiri. Enam pesawat melesat dan melakukan berbagai aksi akrobatik.

Pada puncak atraksi, 2 pesawat memisahkan diri dari barisan. Mereka terbang rendah dari arah berlawanan lalu melesat ke atas dan membalikan pesawat.

Tak lama, asap putih keluar dari belakang pesawat membentuk hati. Sontak tepuk tangan riuh dari seluruh hadirin termasuk SBY yang melihat asap 'tanda cinta' itu.

Aksi ditutup dengan manuver bernama 'bombing'. Yakni keenam pesawat datang dari arah utara menuju podium. Sesaat sebelum mendekat, seluruh pesawat berpencar seperti bom yang baru saja meledak.

Aksi ini hanya segelintir atraksi yang ditampilkan dalam acara puncak HUT ke-69 TNI. Sebelumnya, diawali dengan menaklukan kapal selam musuh, dilanjutkan penyelamatan dan penanganan terorisme oleh ketiga pasukan elit, yakni Sat-81 dari Kopassus, Denjaka dari Marinir, dan Denbravo dari Kopaskhas.

Aksi dilanjutkan dengan defile alutsista TNI. Yakni seluruh alutsista paling baru dan paling canggih yang dimiliki Indonesia ditampilkan. Baik dari angkatan darat, angkatan laut, maupun angkatan udara. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini