Sukses

Kesepian? Coba Peluk Kursi Unik Ini

Karya yang satu ini sengaja dibuat untuk memberikan pelukan kepada penggunanya agar merasa lebih tenang.

Liputan6.com, Tokyo - Jepang membuat kreasi unik berupa 'kursi tenang'. Apa itu? Karya yang satu ini sengaja dibuat untuk memberikan pelukan kepada penggunanya agar merasa lebih tenang.

Dilansir dari Oddity Central Jumat (3/10/2014), punggung kursi tenang itu berupa boneka manusia raksasa dengan wajah ramah. Lengannya panjang, sehingga dapat memeluk Anda erat.

Kursi yang digagas oleh perusahaan Jepang Unicare ini, dibanderol seharga 46 ribu yen atau sekitar Rp 5 juta, dan sedang dipamerkan di International Home Care and Rehabilitation Exhibition di Tokyo.

"Ini membuat Anda merasa nyaman," kata juru bicara Unicare. "Siapapun bisa menggunakannya, tetapi dirancang untuk orang tua."

Mengingat bahwa seperempat dari penduduk Jepang saat ini berusia di atas 65 tahun, dan jumlah tersebut diperkirakan akan meningkat 40 persen pada dekade mendatang.

Oleh sebab itu, kursi ketenangan ini benar-benar sangat tepat dipasarkan di Negeri Sakura ini.

Terinspirasi oleh penelitian Profesor Hidetata Sasaki, kursi peluk ini dirancang juga untuk membantu pasien demensia atau orang yang menderita kecemasan, ketakutan atau kemarahan yang tidak terkendali. Sebab pelukan dari si kursi itu menimbulkan efek rileks kepada penggunanya.



Boneka peluk ini bukanlah karya pertama Perusahaan Unicare. Sebelumnya mereka sudah membuat produk serupa seperti 'Life Rhythm Dolls', yang diprogram untuk mengingatkan pemilik untuk minum obat atau pergi ke toilet.

"Mereka menghibur orang-orang yang hidup sendiri - mereka dapat berbicara dan memeluk. Mereka juga memainkan musik lawas Jepang, yang membuat nostalgia bagi para orang tua," jelas juru bicara itu.

Robot unik lain yang dibuat Unicare dan dipamerkan, berupa bayi anjing laut. Yang sengaja dibuat untuk dijadikan hewan peliharaan dan tidak perlu diperhatikan khusus. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.