Sukses

Parkir Meter di Menteng Tembus Rp 6 Juta per Hari

Parkir meter yang sudah diterapkan di Jalan Agus Salim, Menteng, Jakarta Pusat, mulai mendatangkan untung.

Liputan6.com, Jakarta - Parkir meter yang sudah diterapkan di Jalan Agus Salim, Menteng, Jakarta Pusat, mulai mendatangkan untung. Keuntungan yang didapat meningkat hampir 12 kali lipat per harinya.

"Sementara transaksi saat ini sudah tembus Rp 6 juta per hari. Kalau selama ini setoran parkir dari Jalan Sabang hanya sekitar Rp 500 ribu per hari," kata Kepala Unit Pelaksana (UP) Perparkiran Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sunardi Sinaga di Jakarta, Jumat (3/10/2014).

Mantan Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat itu menargetkan, penerimaan retribusi parkir di Jalan Sabang mencapai angka Rp 14 juta per hari. Target tersebut mungkin bisa terwujud karena biaya parkir untuk kendaraan roda 4 sebesar Rp 5 ribu per jam dan kendaraan roda 2 sebesar Rp 2 ribu per jam.

"Harapan transaksi per hari sekitar Rp 14 juta dengan syarat, seperti perbaikan trotoar segera selesai karena kondisi sekarang masih sekitar 50 persen tidak terpakai untuk parkir," ujar dia.

"Kemudian masyarakat membayar parkir dengan jujur sesuai waktu karena tidak mungkin semua bisa terawasi," tandas Sunardi.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengaku sengaja memberlakukan tarif parkir yang tinggi untuk parkir meter. "Memang niatnya mahal supaya orang nggak parkir di situ," kata Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Senin 29 September 2014.

Mantan Bupati Belitung Timur itu mengatakan, pihaknya tidak berencana menurunkan tarif harga parkir. Justru akan menambah ongkosnya. Namun kenaikan tarif parkir itu tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Sebab, sistem parkir meter masih dalam tahap uji coba. (Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.